Jadi Cawapres, Sandiaga Resmi Mundur sebagai Wagub DKI

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno resmi memberikan surat pengunduran dirinya sebagai Wagub kepada Gubernur DKI, Anies Baswedan, karena akan maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) di Pemilu Presiden (Pilpres) 2019.

Keputusan pria yang akrab disapa Sandi ini maju sebagai cawapres di Pilpres 2019, setelah pada Kamis (9/8/2018) malam dia dipilih oleh calon presiden (Capres) Prabowo Subianto. Diatas materai Sandi menandatangani surat pernyataan (SP) berhenti per tanggal 9 Agustus 2018.

“Dengan ini saya hendak menyampaikan surat pernyataan berhenti dari jabatan saya sebagai Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta masa bakti 2017 – 2022 sejak pernyataan ini saya tanda tangani,” kata Sandi kepada wartawan di Balai Kota DKI, Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Sandi lantas berharap Gubernur DKI bisa segera memproses suratnya itu. “Berkenaan dengan hal tersebut, saya mohon kebijakan Bapak Gubernur DKI untuk menindaklanjuti permohonan saya ini sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya menambahkan.

Setelah membacakan surat pengunduran dirinya tersebut, Sandi pun langsung memeluk Anies seraya menyatakan salam perpisahan. Mereka berdua juga saling bertukar selendang, sebagai tanda perpisahan setelah lama memimpin DKI. “Untuk kenang-kenangan,” ucap Anies singkat.

Selain memeluk Anies, Sandi sebelumnya juga sempat memberikan pelukan perpisahan pada Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI, Andri Yansyah. Hal ini dilakukan Sandi saat pertama kali tiba di Balai Kota DKI. Setelah itu, Sandi juga memberikan kunci mobil dinasnya kepada Andri.

“Ini kunci mobil terakhir pak, Byee,” tutur Sandi sembari memeluk erat Andri sambil menepuk-nepuk bahunya seraya menyatakan perpisahan. Mata Andri terlihat berkaca-kaca menahan haru akan ditinggalkan Sandi yang akan maju sebagai cawapres bersama Prabowo Subianto.

Sebelum mengumumkan pengunduran diri Sandi sempat menghadiri pameran Flora dan Fauna (Flona) di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat (Jakpus). Acara tersebut menjadi agenda terakhir yang dihadiri Sandi dengan jabatannya sebagai Wagub DKI Jakarta.

Memakai kaos Flona dan celana hitam, Sandiaga duduk menyaksikan beberapa pertunjukan tari didampingi oleh sejumlah pejabat. Namun pada acara ini Sandi tak memberikan kata sambutan. Mantan bos akuntan publik ini hanya memencet sirine tanda pembukaan Flona Jakarta 2018.

“Saya mewakili pak Anies, ini penugasan terakhir beliau disposisi hari ini. Jadi saya selesaikan, secara resmi saya nyatakan dibuka. Semoga Allah SWT memberikan petunjuk dan ridhonya dan semoga Lapangan Banteng semakin Oke Oce,” jelas Sandi dilokasi pameran Flona itu.

Editor: Risman Septian

Previous articleKetua DPR Nilai Jokowi Tepat Pilih Ma’ruf Amin Jadi Cawapres
Next articleDemokrat Putuskan Dukung Prabowo-Sandiaga Uno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here