Laporan Keuangan 2018, Anies Optimis DKI Raih Opini WTP

Jakarta, PONTAS.ID – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengaku optimis akan mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian (WTP), terkait laporan keuangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI tahun 2018 kemarin.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pun melakukan pertemuan bersama seluruh pejabat. Anies berharap agar tahun ini dapat kembali mencapai WTP. Walau diketahui pada saat ini Anies masih belum memiliki pendamping, alias wakil gubernur.

“Jika tahun lalu kita membuat tagline Road to WTP dan Alhamdulillah hal itu tercapai. Maka, di tahun ini kita ganti Road to Retain WTP, artinya kita harus mempertahankan opini ini,” kata Anies saat ditemui oleh wartawan di Balaikota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (5/2/2019).

Anies mengakui bahwa tahun-tahun ini tidaklah mudah dalam mempertahankan opini WTP. Sebab,  Anies melihat waktu bekerja para Satuan Kerja Perangkat Daerah  (SKPD) cukup singkat dan cepat.

“Sekarang tantangannya lebih besar, dan waktu yang terbilang lebih pendek dibanding tahun lalu. Memang kita mengakui, masalah Kita di penataan aset yang umumnya temuan-temuan dari 2017 ke belakang, ini masih menjadi PR,” ungkapnya.

Sementara Kepala BPK Perwakilan DKI Jakarta Yuan Chandra menyatakan pemeriksaan ini akan berlangsung kurang lebih 67 hari kerja dan akan menghasilkan opini terhadap laporan keuangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Opini tersebut akan didasarkan pada empat kriteria.

“Pertama adalah kesesuaian terhadap standar akuntansi pemerintah. Kemudian, kedua, kecukupan pengungkapan. Kemudian, yang ketiga adalah efektivitas atas sistem pengendalian. Dan yang keempat, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan,” jelas Yuan.

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here