Anggaran Pembebasan Lahan MRT Fase II Capai Rp 217 Miliar

Jakarta, PONTAS.ID – Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko mengungkapkan bahwa pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menganggarkan 217 miliar rupiah untuk pembebasan lahan proyek pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) fase II.

“Anggaran itu masuk ke pos Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta. Kami mengalokasikan anggaran itu berdasarkan dari data yang dikirimkan MRT (PT MRT Jakarta),” kata Sigit ketika dihubungi oleh wartawan dari Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Lebih lanjut Sigit mengatakan, bahwa pihaknya bersama Badan Pertanahan Negara (BPN) kini bakal menginventarisasi ulang bidang-bidang yang akan dibebaskan. Bidang-bidang itu terletak di sepanjang rute fase II yang rencananya dari Bundaran HI hingga Stadion BMW.

Lahan yang dibebaskan di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Kampung Bandan rencananya akan digunakan untuk mendirikan cooling tower (CT), ventilation tower (VT), serta entrance stasiun. Lahan yang akan dibebaskan itu sebagian besar milik gedung komersial dan sebagian kecil dimiliki warga perorangan. Luasnya kurang dari lima hektare.

“Ini kan pembebasan dilakukan panitia pengadaan tanah, dari kami, BPN, nanti bersama wali kota, camat, lurah,” ujar Sigit.

Sementara itu, Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar mengatakan bahwa proyek MRT fase II rute Bundaran Hotel Indonesia-Stadion BMW rencananya akan dilakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pada Bulan Januari 2019 ini.

Dan groundbreaking tersebut dipastikan akan dilaksanakan setelah PT MRT Jakarta menyelesaikan lelang paket receiving substation (RSS) atau gardu listrik di Monas. Groundbreaking akan dimulai dengan pembangunan gardu listrik Monas. Saat ini PT MRT Jakarta tengah mengurus rekomendasi dari Sekretariat Negara (Setneg) terkait keamanan Istana Negara.

“Kami sedang merencanakan prosesnya, Januari groundbreaking. Kami harus dapat rekomendasi Setneg karena kawasan Monas kan kawasan ring 1. Nah sekarang sedang dalam pembahasan mudah-mudahan segera keluar,” tutur Wiliiam.

MRT fase II yang tadinya ditetapkan dari Bundaran HI-Kampung Bandan, diubah menjadi Bundaran HI-Stadion BMW lewat Ancol. Pasokan listrik MRT fase II akan bersumber dari gardu listrik Monas. Lokasinya berada di Jalan Medan Merdeka Barat dekat Taman Pandang Istana.

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here