Bagikan 5 Ribu Sertipikat, Sofyan Optimis Setifikasi Untuk DKI Rampung Tahun Depan

Jakarta, PONTAS.ID – Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) melalui Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Selatan telah menyelesaikan 5.000 sertipikat tanah dan diserahkan langsung ke masyarakat di Lapangan Ahmad Yani, Kebayoran Lama, Jakarta, Selasa (23/10).

5.000 sertipikat tersebut merupakan hasil dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau PTSL Tahun Anggaran 2018.

Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil mengatakan bahwa saat ini pendaftaran tanah sedang mendapat perhatian khusus dari Presiden RI, Joko Widodo. Untuk itu, jajaran Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota terus melaksanakan program ini secara serius.

“Tahun ini kami akan menerbitkan 7 (tujuh) juta sertipikat tanah,” ungkap Sofyan A. Djalil. Ia menambahkan saat ini pembuatan sertipikat tanah sudah mudah dan terjangkau.

“Saya menyadari bahwa dahulu membuat sertipikat tanah mahal, lama, serta berbelit-belit. Tapi, kini jangan khawatir, membuat sertipikat tanah murah dan cepat,” kata Sofyan A. Djalil.

Sofyan A. Djalil optimistis dengan dukungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, target sertipikasi tanah di DKI Jakarta akan rampung tahun depan.

Pada kesempatan yang sama, Presiden mengatakan bahwa sertipikat tanah penting untuk dimiliki oleh masyarakat. “Setiap saya kunjungan ke daerah, keluhan masyarakat banyak mengenai sengketa pertanahan. Ini dikarenakan banyak masyarakat yang tidak memegang yang namanya sertipikat tanah,” kata Presiden.

Untuk itu Presiden telah memerintahkan agar Kementerian ATR/BPN mempercepat proses penyertipikatan tanah. “Saya sudah minta agar tahun ini 7 juta sertipikat tanah diterbitkan. Tahun depan, 9 juta sertipikat harus dikeluarkan,” ujar Presiden.

Presiden menambahkan bahwa sertipikat tanah yang sudah diterima oleh masyarakat hendaknya dirawat dan dijaga. Selain itu, dihitung apabila ingin diagunkan ke bank. “Sertipikat yang disekolahkan ke bank hendaknya digunakan untuk modal usaha. Jangan untuk membeli mobil atau motor,” pesan Presiden.

Kegiatan penyerahan sertipikat tersebut dihadiri oleh 5.000 orang yang berasal dari 5 (lima) kecamatan di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Previous articleMinggu Depan, Polisi akan Periksa Fahri Hamzah soal Kasus Presiden PKS
Next articleKasus Hoaks Ratna Bukan Pelanggaran Kampanye

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here