Transformasi Digital, PT Pos Indonesia Luncurkan Chatbot

Pos Indonesia Luncurkan Chatbot untuk Generasi Milenial

Jakarta, PONTAS.ID – PT Pos Indonesia (Persero) meluncurkan chatbot sebagai salah satu langkah transformasi digital Pos Indonesia dalam memberikan layanan yang lebih efektif, efisien, dan customer-oriented. Peluncuran layanan chatbot juga sebagai upaya perusahaan dalam merelevankan seluruh kebutuhan bisnisnya ke depan.

Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Gilarsi W. Setijono mengatakan, Pos Indonesia semakin percaya diri menyasar segmen milenial di tengah upaya perseroan dalam merelevankan seluruh kebutuhan bisnisnya ke depan. “Layanan ini dapat memberikan kemudahan akses bagi pelanggan sekaligus merupakan bentuk adaptasi Perseroan terhadap tren dan kebutuhan layanan contact center modern,” kata Gilarsi W. Setijono  selaku Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero)  dalam rilis yang diterima PONTAS.id, Jakarta, Rabu, (9/5/18).

Menurut Gilarsi, internet menjadi suatu keharusan dalam kehidupan manusia saat ini. Dengan kata lain, internet telah menjelma menjadi kebutuhan pokok manusia di seluruh lini kehidupan sama halnya dengan kebutuhan sandang, pangan dan papan.

“Teknologi semakin memudahkan manusia dan kami menyadari semakin sedikit orang yang mau datang ke kantor Pos. Dalam hal ini konteksnya kita ingin memudahkan jasa layanan pos,” ungkapnya.

Chatbot merupakan software yang dirancang khusus untuk mensimulasikan percakapan dengan satu atau Iebih manusia baik secara audio atau teks Ialu mereka akan mengirim kembali (merespon) sesuai kebutuhan yang kita inginkan. Chatbot ini terintegrasi kedalam program pesan seperti Facebook Messenger, Telegram, dan Line. Chatbot bisa merespons kebutuhan akan informasi dan keluhan pelanggan terhadap layanan Pos Indonesia.

Layanan ini berfungsi sebagai customer service virtual yang dapat melayani pelanggan selama 7×24 jam yang ditanamkan pada berbagai platform messaging seperti di Line di @posindonesia, Telegram di @posindonesia_officialbot, Facebook Messanger di @posidn.care dan melalui Web Widget yang tersedia di website resmi Pos Indonesia.

Gilarsi melanjutkan, ada 7 menu pilihan yang telah disiapkan untuk membantu mendapatkan informasi tentang layanan Pos bagi pelanggan, yakni untuk informasi tentang info layanan Pos, alamat kantor pos, jam buka kantor pos, tarif pengiriman, Iacak kiriman, informasi kode pos dan pengaduan layanan Pos. Sedangkan untuk layanan PON dan Layanan Pick Up masih dalam proses penyelesaian.

“Dengan chatbot, kita cukup menyampaikan informasi lokasi kota/kecamatan/kelurahan, maka selanjutnya dalam hitungan detik alamat Kantorpos yang diminta akan tersaji lengkap beserta petanya,” jelasnya.

Terkait hal ini, Pos Indonesia menggandeng eva.id sebagai pengembang layanan chatbot. Chairman dan Founder eva.id, Wira Pradana mengatakan, teknologi chatbot merupakan aplikasi masa depan di mana percakapan secara bertahap akan merevolusi platform digital. “Dengan interface percakapan ini minimal membuat customer lebih mudah. Sekarang sangat mudah diakses karena aktivitas orang pada smartphone banyak menggunakan chat,” tuturnya.

Previous articleJelang Ramadhan, Amran: Stok Beras Bulog Aman
Next articleKartu UOB YOLO Memenuhi Kebutuhan Kaum Milenial

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here