Paket Pimpinan DPD 2024-2029 Dideklarasikan, KPU Ingatkan Secara Etika Politik Tunggu Penetapan

Jakarta, PONTAS.ID – Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Komisi Pemilu Umum (KPU) Idham Holik
mengingatkan kepada seluruh calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) terpilih untuk tidak buru-buru dalam menggelar deklarasi paket pimpinan DPD Periode 2024-2029.

Kendati hal itu tidak ada larangannya dalam Undang-Undang Pemilu, tetapi secara etika politik sebaiknya menunggu KPU menetapkan calon DPD terpilih terlebih dahulu.

“Mengapa demikian? Sebab Publik berhak atas informasi politik yang berkepastian hukum,” ujarnya, Minggu (23/6/24).

Idham mengatakan, sampai saat ini KPU belum menepatapkan calon DPD terpilih, karena KPU saat ini masih menindaklanjuti Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas PHPU (Perselisihan Hasil Pemilu) Legislatif sebanyak 44 perkara yang dikabulkan sebagian ataupun sepenuhnya.

Pasca tindak lanjut semua Putusan MK atas PHPU tersebut, kata Idham KPU baru akan melakukan rapat pleno terbuka untuk mengubah Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 berdasarkan hasil tindak lanjut Putusan MK tersebut

Sebagai informasi, sejumlah calon anggota DPD terpilih menyatakan dukungannya kepada AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, Nono Sampono, Elviana, dan Tamsil Linrung sebagai Paket Pimpinan DPD periode 2024-2029. Dukungan itu dinyatakan dalam deklarasi yang dihelat di Kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (23/6/2024).

Previous articleDeklarasi Paket Pimpinan DPD Kurang Beretika
Next articleMembangun Manusia Indonesia dengan Program Makanan Bergizi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here