Deklarasi Paket Pimpinan DPD Kurang Beretika

Jakarta, PONTAS.ID – Puluhan anggota DPD RI petahana yang kembali terpilih dan anggota DPD RI yang baru terpilih untuk masa bakti 2024-2029 bersepakat mengusung AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, Nono Sampono, Elviana dan Tamsil Linrung sebagai Paket Pimpinan DPD RI masa bakti 2024-2029.

Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif Center Budget & Analisis (CBA) Uchok Sky Khadafi menilai deklarasi yang dilakukan kelompok pendukung paket LaNyalla dan kawan-kawan sama kurang beretika.

Pasalnya, saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) saja belum menetapkan hasil dari DPD karena Mahkamah Konstitusi (MK)
meminta KPU harus menggelar pemilihan suara ulang (PSU) di Sumbar untuk menyelesaikan masalah sengketa Pemilu.

“Deklarasi paket pimpinan dilakukan LaNyalla dan kawan-kawan tidaklah beretika, apalagi semua juga tahu kalau MK sudah menugaskan KPU untuk PSU ulang seyogyanya tunggu hasil resminya dulu,” tegasnya, Minggu (23/6/2024).

Uchok meminta agar mereka yang melakukan atau menginsiasi deklarasi paket pimpinan DPD RI harus paham mekanisme harus seperti apa.

“Ini ujug-ujug sudah deklarasi saja, dan mengabaikan KPU sangat egois dan tidaklah beretika,” katanya.

Sementara itu hal senada juga disampaikan, Senator Jawa Tengah Abdul Kholik mengatakan Paket Pimpinan DPD RI harus tunggu tatib dan KPU tentang Calon Terpilih. Pasalnya, Selama belum ada tidak ada landasan hukumnya jadi belum ada yang bisa memastikan siapa akan maju sebagai paket pimpinan DPD RI.

Abdul Kholik melanjutkan, harusnya setiap para senator sudah mengikuti Pemilu hendaknya menunggu dulu apa keputusan sengketa PHPU di MK.

“Sampai detik ini belum ada yang bisa mengklaim siapa akan maju (pimpinan DPD RI peridoe mendatang) karena produk hukum belum ditetapkan karena masih ada sengketa di MK dan KPU pun belum bisa menetapkan siapa-siapa saja berhak bisa maju sebagai calon paket pimpinan DPD mendatang,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, AA LaNyalla AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, Nono Sampono, Elviana dan Tamsil Linrung telah mendeklarasikan diri sebagai Paket Pimpinan DPD RI masa bakti 2024-2029.

 

Previous articleMPR Dorong Pemerataan Dokter Spesialis demi Kualitas Penerus Bangsa
Next articlePaket Pimpinan DPD 2024-2029 Dideklarasikan, KPU Ingatkan Secara Etika Politik Tunggu Penetapan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here