Baznas Kabupaten Banjar Genjot Penerimaan ZIS ASN

Kabupaten Banjar, PONTAS.ID – Bupati Banjar H Saidi Mansyur mencermati capaian kinerja Baznas dalam pengumpulan ZIS dan sinkronisasi bantuan rehab rumah warga.

Program itu kerja sama Kotaku yang dilakukan DPRKPLH, program Rutilahu oleh Dinsos P3AP2KB serta program bedah rumah oleh Baznas.

Penegasan itu disampaikan oleh Bupati Banjar, Saidi Mansyur yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Masruri saat membuka rapat koordinasi zakat, infak, sedekah (ZIS) Lingkup Kabupaten Banjar.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bagian Kesra Setda Banjar bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) serta SKPD Banjar,  di Grand Dafam Syariah Banjarbaru, Selasa (15/11/2022).

Menurutnya, terkait peningkatan kinerja pengumpulan ZIS, bisa terus mencermati perkembangan selama 5 tahun terakhir dari 2017 hingga 2021.

Perkembangan dapat dibandingkan dengan pengumpulan ZIS dari Baznas daerah tetangga seperti Hulu Sungai Selatan, Banjarbaru, Banjarmasin.

“Hal ini tentunya merupakan tantangan bagi kepemimpinan baru. Saya yakin kepengurusan 2022-2027 bisa meningkatkan pengumpulan ZIS dengan jangkauan lebih luas, tidak hanya mengandalkan atau bertumpu pada ZIS ASN saja, namun dapat menggali potensi ZIS dari lingkup luas ASN,” ungkapnya.

Ia juga mengajak seluruh Kepala SKPD atau instansi vertikal untuk menyatukan langkah dan mengoptimalkan pengumpulan ZIS seluruh ASN melalui Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) masing-masing ke Baznas secara rutin setiap bulan.

Sementara Ketua Baznas Banjar Nuryadi mengatakan, sejauh ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinsos P3AP2KB untuk menyalurkan bantuan kepada penerima yang berhak atau kaum duafa.

“Terkadang masalah bantuan ini banyak yang mengaku tidak mampu, itu yang kita cek dengan benar karena dana yang disalurkan juga terbatas agar tidak salah sasaran,” imbuhnya.

Ia menambahkan pihaknya telah bersilaturahmi ke beberapa dinas yang ada di Kabupaten Banjar agar pada tahun 2023 dan seterusnya pengumpulan ZIS para ASN terus meningkat.

Rakor tersebut juga dihadiri berbagai pihak, yakni Pengadilan Agama, Kemenag, Kabag Kesra dan Ekonomi serta Ketua Forum Camat Lingkup Pemkab Banjar.

Penulis: Muhammad Amin
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleBanjar Siaga Bencana Banjir dan Longsor
Next articleKominfo Banjar Perkuat Perencanaan Program

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here