Banjar Siaga Bencana Banjir dan Longsor

Kabupaten Banjar, PONTAS.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar menggelar apel siaga bencana banjir, tanah longsor, puting beliung dan gelombang pasang di halaman kantor BPBD Banjar, Indrasari Martapura, Selasa (15/11/2022).

Apel siaga bencana dipimpin oleh Bupati Banjar, Saidi Mansyur dan diikuti personel TNI/Polri, Dishub, Damkar serta para relawan.

Bupati Banjar, Saidi Mansyur mengatakan, apel siaga bencana merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dan kesiapsiagaan yang harus dilakukan untuk mengurangi kerentanan dalam menghadapi bencana.

“Bencana banjir yang masih mengancam berdampak kurang baik bagi kehidupan dan penghidupan masyarakat Kabupaten Banjar. Terganggunya aktivitas lalu lintas di darat,” ungkapnya.

Untuk itu lanjutnya, kesigapan semua pihak dalam menghadapi bencana ini sangat diperlukan, termasuk cara atau langkah-langkah inisiatif dalam rangka kegiatan pra bencana baik itu mitigasi maupun kesiapsiagaan.

Lebih jauh, terkait pengendalian inflasi juga menjadi perhatian Pemkab Banjar untuk terus bekerjasama dengan berbagai pihak. Seperti TNI/Polri. Pemkab Banjar terus mendukung dan menyukseskan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di Kabupaten Banjar.

“Yakni dengan cara mengoptimalkan upaya dan aksi nyata dalam stabilisasi harga pangan dari sisi suplai dan mendorong produksi guna meningkatkan ketahanan pangan yang lebih integratif,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut Saidi Mansyur juga menyerahkan bantuan beberapa bibit tanaman seperti cabai, terong dan tomat kepada perwakilan Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Penulis: Muhammad Amin
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleWabup Sergai Buka Bimtek Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko
Next articleBaznas Kabupaten Banjar Genjot Penerimaan ZIS ASN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here