Obat dan Oksigen Langka, MPR Dorong BUMN Farmasi Tingkatkan Produksi

Bambang Soesatyo
Bambang Soesatyo

Jakarta, PONTAS.ID – Tingginya potensi terjadinya kelangkaan oksigen ataupun obat-obatan, seiring lonjakan permintaan belakangan pada saat PPKM Darurat Covid-19.

Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah mendorong BUMN Farmasi untuk meningkatkan produksinya, guna menutupi kelangkaan yang terjadi, serta meminta petugas di lapangan untuk mengawasi dan mengatur pendistribusian obat-obatan ataupun oksigen hususnya bagi fasilitas kesehatan atau rumah sakit.

Disamping mengantisipasi terjadinya spekulan atau penimbun yang memanfaatkan situasi krisis saat ini, serta memberikan tindakan tegas bagi para penimbun barang-barang kesehatan yang tengah dibutuhkan untuk penanganan Covid-19.

“Saya meminta aparat untuk memantau kelangkaan tabung dan pasokan oksigen medis pada saat PPKM Darurat berlaku, baik yang diperdagangkan secara fisik maupun penjualan yang dilakukan di situs daring. Guna mencegah terjadinya penipuan ataupun permainan harga,” katanya dalam siaran pers, Kamis (8/7/2021).

Selain itu Bamsoet juga meminta pemerintah daerah (Pemda) agar segera membentuk satgas khusus untuk memastikan ketersediaan oksigen, obat dan alat kesehatan guna mencegah terjadinya unsur pelanggaran hukum dalam masalah tabung oksigen atau obat-obatan.

“Meminta petugas bekerjasama dengan aparat keamanan untuk mengingatkan masyarakat khususnya para spekulan agar tidak menimbun dan memanfaatkan situasi serta kepanikan masyarakat saat ini, dengan menyimpan tabung oksigen dan obat-obatan lainnya ditengah banyaknya permintaan,” ujarnya.

Bamsoet pun mengimbau masyarakat untuk tidak ragu melaporkan kepada aparat apabila menemukan adanya oknum penimbun tabung oksigen atau obat-obatan terkait Covid-19 serta menjual diatas harga yang ditentukan.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Riana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here