PAN Segera Tarik Taufik Kurniawan dari Kursi Pimpinan DPR

Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan

Jakarta, PONTAS.ID – Partai Amanat Nasional (PAN) mengatakan, partainya bakal menarik Taufik Kurniawan dari kursi Wakil Ketua DPR usai ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK terkait kasus korupsi ADK Kebumen.

“Insya Allah seperti itu (ditarik). Karena sekali lagi Mas Taufik bukan hanya kader PAN tetapi dia simbol DPR. Kami tak mau kasus Mas Taufik ini ikut menyandera DPR,” kata Ketua DPP PAN Yandri Susanto, Kamis (1/11/2018).

Selain itu, kata Yandri, agar Taufik fokus pada kasus dugaan korupsi yang menjeratnya.

Ia menyebutkan, sejak Taufik ditetapkan sebagai tersangka, PAN berencana mengevaluasi posisinya saat ini sebagai Wakil Ketua DPR. Namun, Yandri belum bisa memastikan siapa kader PAN yang akan menggantikan Taufik di kursi Wakil Ketua DPR.

Ia juga belum bisa memastikan kapan proses pergantian bakal berlangsung.
“Saya belum bisa jawab. DPP tentu perlu rapat resmi dulu siapa yang akan gantikan Mas Taufik atau kapan digantikan,” ujar Yandri.

“Tetapi tadi malam, Ketum dan Sekjen bilang, akan dievaluasi, karena sekali lagi dia tak hanya kader PAN tetapi juga simbol DPR. Kami tak mau DPR tersandera atau ikut terseret gara-gara kasus Mas Taufik sebagai tersangka,” lanjut dia.

Tak Perlu Mundur

Sebelumnya, Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai Taufik Kurniawan tidak perlu mundur sebagai Wakil Ketua DPR meskipun telah berstatus tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi terkait Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kabupaten Kebumen Jawa, Tengah.

“Saya harapkan beliau bisa tetap hadir dan aktif di DPR dan tak perlu mundur sambil melaksanakan proses hukum yang berjalan,” kata Bambang.

Dia menjelaskan Taufik tidak perlu mundur karena belum ada putusan tetap dari pengadilan karena telah ada aturannya.

Namun dirinya mengakui bahwa nasib posisi Taufik Kurniawan di kursi pimpinan DPR tergantung pada PAN dan Fraksi PAN DPR RI.

“Kami Pimpinan DPR sebagai kolega Taufik sangat kaget dan prihatin, serta mendoakan beliau bisa menjalankan proses hukum dengan sabar dan tabah. Kami hanya berharap seluruh pihak mengedepankan asas praduga tidak bersalah,” ujarnya.

Dia mengatakan Pimpinan DPR akan melakukan koordinasi mengenai posisi Taufik yang sudah beberapa waktu tidak hadir di DPR agar tugas Wakil Ketua DPR bidang ekonomi dan keuangan tetap berjalan.

Menurut dia, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah sudah berkomunikasi dengan Taufik untuk membesarkan hatinya dan tetap tabah menjalani proses hukum yang berjalan.

KPK menetapkan Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan sebagai tersangka. Penetapan tersangka ini merupakan hasil pengembangan kasus dugaan tindak pidana korupsi terkait Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

Previous articleJaksel dan Jaktim Diprediksi Bakal Diguyur Hujan dan Angin Sore Hari
Next articlePKS Diminta Tak Emosional soal Posisi Wagub DKI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here