Pimpinan Masih Tunggu Nama Ketua DPR dari Golkar

Jakarta, PONTAS.ID – Sampai selesainya pembukaan masa sidang lke-3 diawal tahun 2018, Selasa (9/1/2018).Partai Golkar belum mengirimkan nama ketua DPR baru pengganti Setya Novanto yang didakwa terlibat dalam kasus korupsi e-KTP.

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengaku tak masalah dengan kosongnya posisi ketua, yang artinya dirinya tetap menjadi pelaksana tugas.

“Ya karena sudah ada mekanismenya. Tidak ada masalah,” ujar Fadli di gedung DPR.

Fadli menegaskan DPR masih terus menunggu surat Golkar soal pengganti Novanto. Fadli juga mengatakan tak ada batas waktu terkait nama ketua DPR yang baru.

Waketum Gerindra itu lalu menjelaskan mekanisme yang dijalankan pihaknya andai surat dari Golkar soal ketua DPR telah dikirim Golkar.

“Kalau surat sudah masuk, kan melalui rapim (rapat pimpinan), kemudian dibawa ke bamus (badan musyawarah DPR) diagendakan ke dalam rapat paripurna,” tutur Fadli.

Fadli juga tak mau mengimbau Golkar agar segera mengirim nama ketua DPR baru. Bagi dia, imbauan itu tak terlalu mendesak.

“Kalau imbauan ya tidak perlulah. Kita semuanya sudah tahu aturan mainnya. Pokoknya kita menunggu. Mau masuk hari ini, lusa atau 2 minggu lagi ya terserah,” jelas Fadli.

Sudah Kantongi Nama

Sementara itu, Politikus Golkar Zainudin Amali menyebut Ketum Airlangga Hartarto sudah mengantongi nama Ketua DPR yang baru.

“Ketum Pak Airlangga Hartarto dan hari-hari ini pasti beliau sudah melihat di antara 90 orang Fraksi Partai Golkar dan saya meyakini Pak Airlangga Hartarto sudah ada nama di kantong beliau,” ujar Amali di gedung DPR.

Amali mengatakan Airlangga bukan politikus tanpa pengalaman di DPR. Airlangga, disebut Amali, pernah tiga periode di DPR sehingga dipastikan tahu mana anggota Dewan di fraksi beringin yang mumpuni mengemban tugas sebagai Ketua DPR.

“Sangat tahu karakter kita masing-masing, kapasitas kita masing-masing, dan apa yang dibutuhkan oleh DPR sekarang ini,” sebut Amali.

Amali menyebut bursa calon Ketua DPR masihlah yang lama. Ada Ketua Komisi III Bambang Soesatyo, Ketua Banggar Aziz Syamsuddin, dan Sekretaris Fraksi Agus Gumiwang Kartasasmita.

Soal kriteria, Amali yakin Airlangga akan menimbang sosok yang berprestasi, berdedikasi, loyal, dan tidak tercela.

“(Kriteria bersih) pasti sudah masuk pertimbangan Pak Airlangga,” ucap dia.

Bagi dia, siapa pun yang terpilih mesti didukung ke depannya. Namun, tentunya, Fraksi Golkar akan mengirimkan nama itu setelah pembahasan revisi UU MD3 rampung.

“Kira-kira minggu depan, kan sudah selesai Baleg,” sebut Amali.

 

Previous articleAwal Pasangan dalam Kencan Pertama Menurut Zodiak
Next articleBasarah Siap Maju di Pilgub Jatim Jika Ditunjuk Megawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here