Mafia IMB Merajalela di Jakut, Satpol PP dan CKTRP Tak Sinkron

Jakarta, PONTAS.ID – Merebaknya isu Mafia IMB (Ijin Mendirikan Bangunan) di wilayah Jakarta Utara memasuki babak baru. Kali ini, Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) yang bertugas mengawasi pembangunan ternyata tidak sinkron dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang bertanggungjawab menegakkan Perda dan Pegub.

Contoh ketidak sinkronan ini semakin jelas terlihat terkait bangunan di Jln. Pegangsaan Indah Blok A-1, No.50 RT.08/016, Kelurahan Pegangsaan Dua, Kecamatan Kepala Gading, Jakarta Utara.

Pasalnya, meski bangunan telah disegel dengan banner berukuran besar warna merah karena melanggar aturan, pemilik bangunan tetap melanjutan pembangunan tanpa mengkhawatirkan teguran dari petugas.

Hendra, staff CKTRP Kecamatan Kelapa Gading, mengaku pihaknya telah mengusulkan rekomendasi teknis (Rekomtek) ke Suku Dinas CKTRP Jakarta Utara.

“Kami sudah mengajukan rekomtek ke tingkat kota. Sekarang ini kita melakukan survei dan bangunan ini akan dibongkar sesuai dengan ketentuan yang dilanggar,” jelas Hendra, di lokasi bangunan bermasalah, Senin (22/2/2021).

Hendra mengakui bangunan itu berdiri di zona R4 untuk rumah tinggal, “Memang kalau menurut zonasi R4, hanya peruntukan rumah sedang. Kalaupun untuk kelanjutannya saya tidak tahu. Mungkin pemiliknya bisa koordinasi ke tingkat Provinsi,” kata hendra.

Namun, dari salah seorang sumber di Suku Dinas CKTRP Jakarta Utara yang meminta namanya tidak dicantumkan, mengungkapkan, terkait bangunan itu telah diterbitkan rekomtek untuk dibongkar, “Sepengetahuan saya rekomtek telah diterbitkan tanggal 29 Januari 2021, bulan lalu.” kata dia.

Sementara itu, dari Satpol PP Jakarta Utara, N. Asri diketahui, kedatangan petugas ke bangunan itu baru sebatas survei, “Ini kita baru survei apa apa saja pelanggarannya,” kata N. Asri, siang tadi.

Menurutnya, Satpol PP hanya melakukan penindakan ketika Rekomtek sudah diterbitkan.

Penulis: Heru Mindarto /Yoga Pangestu
Editor: Ahmad Rahmansyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here