Peduli Lingkungan, Komma Tanam 10 Ribu Mangrove di Pluit

Jakarta, PONTAS.IDKomunitas Mangrove (Komma) menanam 10 ribu bibit pohon mangrove di Kawasan Mangrove Ecomarine Muara Angke, Penjaringan Jakarta Utara, Selasa (26/11/2019).

“Saya harap semua pemangku kepentingan (stakeholder) di sekitar Kelurahan Pluit ini lebih peduli terhadap lingkungan terutama terhadap wilayah muara. Apalagi 12 Jalur Destinasi Wisata Pesisir Jakarta Utara bermuara di Kawasan Hutan Mangrove Muara Angke,” kata Ketua Komunitas Mangrove Muara Angke, Muhammad Sayid kepada wartawan di lokasi penanaman, Selasa (26/11/2019).

Sayid juga optimistis, kedepannya Kawasan Hutan Mangrove Muara Angke dapat menjadi kawasan wisata sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Muara Angke dan sekitarnya, “Kita harapkan perusahaan-perusahaan dapat mendukung gerakan ini,” katanya.

Sementara itu, Lurah Pluit Ahmad Rosiwan berharap dengan adanya penanaman magrove selain dapat mencegah abrasi dan sampah juga dapat menyaring polusi udara.

“Seperti yang kita ketahui polusi udara di Jakarta sudah mulai tinggi dengan adanya Hutan Mangrove ini dapat mengurangi polusi udara,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Perusahaan Nusantara Regas, Fatma Ully Artha menjelaskan, penanaman mangrove tersebut merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap ekosistem kawasan pesisir Jakarta dan mencegah terjadinya abrasi.

“Selain melakukan penanaman magrove, kami juga telah membuat cerucuk untuk mencegah sampah ke laut Jakarta. Tahun lalu kami juga melakukan kegiatan serupa yakni melakukan penanaman delapan ribu mangrove. Hari ini juga kami memberikan peralatan bagi Posyandu Kelurahan Pluit,” ujarnya.

Penulis: Suwarto
Editor: Hendrik JS

Previous articleKriminalisasi Pekerja, SP-JICT Siapkan Posko di Polres Pelabuhan
Next articleOptimalkan PAD, Pemkab Asahan Gelar Gebyar Pajak 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here