Buka Kembali Pengiriman TKI, Begini Penjelasan Disnakertrans Blitar

Blitar, PONTAS.ID – Setelah dihentikan sejak Maret 2020 lalu terdampak pandemi Covid-19, akhirnya penempatan tenaga kerja Indonesia (TKI) di berbagai negara tujuan berangsur dibuka kembali.

Pembukaan ini merujuk Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor: 294/2020 tentang Pelaksanaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru tertanggal, 29 Juli 2020.

“Pengiriman TKI ke Luar Negeri di sektor informal maupun formal mulai dibula kembali, tetapi tetap harus mematuhi protokol kesehatan,” kata Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Pelunasan Kesempatan Kerja Disnakertrans Kabupaten Blitar, Yudi Priyono, di kantornya, Selasa (24/11/2020).

Yudi menjelaskan, mekanisme penempatan tenaga kerja yang ingin kerja keluar negeri dilakukan oleh Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) melalui program G to G (Government to Government) atau antar pemerintah RI dengan Korea Selatan.

“Kedua, penempatan tenaga kerja dilakukan oleh Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI). Jadi untuk sementara ini penempatan yang dilakukan oleh P3MI mulai dilakukan awal November kemarin,” pungkasnya.

Penulis: Sony Irawan
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here