Cegah Banjir di Jakpus, Sudin Bina Marga Siapkan Penangkap Lumpur

Jakarta, PONTAS.ID -Dalam upaya antisipasi banjir, Sudin Bina Marga Jakarta Pusat membuat Gutter (penangkap lumpur) dan penambahan mulut air. Hal ini untuk mempercepat aliran air hujan dari perkerasan jalan menuju saluran drainase jalan sehingga dapat mencegah banjir.

Kepala Suku Dinas (Sudin) Bina Marga Jakarta Pusat, Rakim Sastranegara mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan pembuatan Gutter, penangkap lumpur dan penambahan mulut air di Jalan KH. Mas Mansyur – Jalan Penjernihan I (TPU Karet Bivak), Tanah Abang, Jakpus.

“Ini dilakukan supaya aliran air hujan dari perkerasan jalan cepat mengalir menuju ke saluran drainase jalan, sehingga dapat mencegah genangan/banjir pada lokasi tersebut,” kata Rakim didampingi Kepala Seksi Jalan dan Jembatan Sudin Bina Marga, Yudha Catur Suharnanto, Senin (28/9/2020).

Lebih Lanjut Rakim mengungkapkan, pembuatan Gutter untuk memperlancar aliran air permukaan ke mulut air, mencegah air hujan tergenang di jalan, pembuatan tangkapan Lumpur sebagai tempat endapan lumpur dan sampah untuk mengurangi sedimen pada saluran drainase, penambahan Mulut Air & Penambahan Kemiringan Tali Air untuk mempercepat aliran air permukaan ke saluran drainase.

Dalam pekerjaan tersebut kita menerjunkan 20 petugas gabungan Satgas Seksi JJKJ dan Satgas DBM Kecamatan Tanah Abang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Mudah-,mudahan dengan adanya pembuatan gutter, penangkap lumpur dan penambahan mulut air dapat mencegah dan mengendalikan genangan/banjir,“ tandasnya.

Penulis: Tajuli
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here