Wakil Wali Kota Harap DHF 2019 Lahirkan Startup Berkualitas di Kota Medan

Perwakilan dari DILo Medan saat beraudiensi bersama Wakil Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution, M.Si, di Balai Kota Medan, Jumat (23/8/2019).

Medan, PONTAS.ID – Digital Innovavation Lounge (DILo) meminta dukungan Pemko Medan dalam rangka membantu para startup dan komunitas digital untuk mengembangkan kemampuan digitalnya, sehingga nantinya mampu menghasilkan produk-produk digital yang memiliki manfaat bagi masyarakat. Di samping itu juga, dalam upaya untuk melahirkan bibit digitalpreneur yang siap masuk ke industri (creative center).

Permintaan ini disampaikan Abil Abas, selaku Manager DILo Medan ketika diterima audiensi Wakil Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution, M.Si, di Balai Kota Medan, Jumat (23/8/2019).

Sebagai upaya yang dilakukan untuk membantu para startup dan komunitas digital menghasilkan produk digital, DILo Medan menggelar DILo Hackathon Festival (DHF) 2019 di Gedung DILo Jalan Monginsidi, Medan, Sabtu (24/8/2019).

Abbas menjelaskan, ada pun tujuan DHF 2019 yang mengusung tema, “Digitalizing Indonesia”, yakni guna mengeksplorasi isu-isu yang dihadapi serta membangun dunia digital creative di Indonesia, termasuk Kota Medan yang lebih baik dan efektif.

“Kita harapkan kegiatan ini memberikan dampak positif bagi masyarakat secara luas serta menumbuhkan perekonomian nasional,” kata Abbas.

Berkaitan dengan kegiatan itulah, jelas Abbas, mereka mengundang Wakil Wali Kota untuk hadir sekaligus memberikan sambutan dalam acara DHF 2019.

“Kita harap kehadiran serta bimbinan yang diberikan Bapak Wakil Wali Kota dapat memotivasi para startup dan komunitas digital untuk terus menghasilkan produk-produk digital,” ungkapnya.

Kemudian Abbas mengungkapkan, selain Medan, ada 7 kota lain di Indonesia yang juga menggelar DHF 2019. Dalam kegiatan itu ada 17 startup yang membuat satu produk dalam waktu satu hari satu malam. Hasil produk itu bilangnya, kemudian dipresentasikan dan dinilai para juri yang sangat expert di bidangnya.

“Para startup harus mampu menunnjukkan kelebihan hasil produknya masing-masing. Bagi pemenang, kita akan memberikan investasi, termasuk uang tunai sebesar Rp 12,5 juta. Untuk itulah kita minta support dari Pemko Medan. Apabila ada produk menarik yang dihasilkan para startup tentunya bisa dikerjasamakan dengan Pemko Medan,” jelasnya.

Wakil Wali Kota Medan, Ir H T Dzulmi Eldin, S, M.Si., didampingi Kadis Pendidikan Kota Medan, Marasutan; Sekretaris Dinas Kominfo, Mansyur Syah; dan, Kabag Humas Setdako Medan, Arrahman Pane, menyambut baik dan mendukung penuh langkah yang dilakukan DILo Medan.

“Langkah yang dilakukan DILo Medan sangat positif dan harus diapresiasi, sebab tujuannya akan melahirkan bibit-bibit digitalpreneur,” ujar Wakil Wali Kota.

Oleh karenanya, melalui DHF 2019, Wakil Wali Kota berharap, dapat melahirkan sekaligus membangun startup digital yang berkualitas di Kota Medan. Di samping itu juga produk yang dihasilkan nantinya berupa produk-produk yang unggul secara global dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Penulis: Ayub Badrin
Editor: Riana

Previous articleKader TP PKK Kota Medan Pukau Pengunjung Parade Etnik Jambore PKK 2019
Next articleRangkaian HUT RI, Dinas PU Malang Gelar Berbagai Lomba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here