Pelatihan Berbasis Kompetensi, Pemkab Asahan Kirim 96 Peserta

Asahan, PONTAS.ID – Kadisnaker Kabupaten Asahan, Budi Ansari berharap kepada 96 peserta yang mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) mobile training yang digelar Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan, bisa mengikuti pelatihan dengan baik, sehingga ilmu yang didapat bisa dijadikan modal dalam dunia usaha.

Hal ini disampaikan Budi Ansari saat membuka acara tersebut, “Tujuan dilaksanakannya latihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan sesuai keahlian masing-masing, selain juga untuk mengurangi pengangguran,” kata Budi, di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan, Kisaran, Sumatera Utara, Senin (15/7/2019).

Sedangkan, Kasi Penyelenggaraan BBPLK Medan, Jonni Marpaung, mengatakan pelatihan yang digelar selama 20 hari tersebut untuk memberikan kesempatan dan perluasan kerja, baik di perusahaan-perusahaan ataupun membuka lapangan kerja sendiri.

“Peserta yang ikut pelatihan hari ini sangat beruntung karena tidak semua Kabupaten dan Kota yang bisa melaksanakan pelatihan,” ujar Jonni.

Kepada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Asahan, Jonni berharap agar bisa terus mendata dan mengevaluasi peserta yang mengikuti pelatihan. “Kalau bisa buat program kerjasama, agar peserta bisa terus mengasah keterampilannya,” tukas Jonni.

Pelatihan berbasis kompetensi dibagi 6 kelas yakni kelas menjahit dilakukan di Desa Sei Silau Timur, Kecamatan Buntu Pane, kelas Komputer Partikel office di DesaTanjung Alam, Kecamatan Sei Dadap, kelas visual audio di Kelurahan Karang Anyer, Kecamatan Kota Kisaran Timur dan di Desa Silau Lama, Kecamatan Silau Laut.

Kemudian Bidang Las dipusatkan di SMK 2 Kelurahan Sei Renggas, Kecamatan Kota Kisaran Barat, sedangkan kelas Penata Rambut dilakukan di Desa Bahung Sibatu batu, Kecamatan Sei Dadap, Kabupaten Asahan.

Penulis: Bayu Kurnia Jaya
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleSatpol PP Kota Medan Tertibkan Rumah Tanpa IMB
Next articleDukung Keberagaman, Bupati Sergai dan Wakil Hadiri Pelantikan BKAG  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here