Pariwisata Tumbuh di Kepri, Kemenpar: Butuh SDM Berkarakter Pemimpin

Jakarta, PONTAS.ID – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar Pelatihan SDM kepariwisataan atau ‘tourism goes to campus’ di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), sebagai salah satu upaya mendukung pengembangan pariwisata yang kini menjadi primadona disana.

Kepala Sub Bidang Pengembangan SDM Kepariwisataan Kementerian Pariwisata Kemenpar, Alfin Merancia mengatakan bahwa pariwisata di Kepri memang sedang menjadi primadona, dimana pada 2017 menyumbang pendapatan daerah (PAD) hingga 4,8 triliun rupiah.

Oleh sebab itu Kepri dianggap membutuhkan sumber daya manusia (SDM) andal dan kompeten di bidang pariwisata. Dia juga menuturkan bahwa pengembangan SDM pariwisata memainkan peranan yang sangat penting, guna mewujudkan masyarakat sadar wisata.

“Sektor pariwisata telah tumbuh dengan sangat baik di Kepulauan Riau. Karena itu dibutuhkan SDM-SDM pariwisata dengan karakter pemimpin. Tentunya yang dapat menerapkan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan. Dengan pelatihan ini diharapkan bisa muncul SDM pariwisata andal bidang pariwisata,” kata Alfin, Minggu (16/6/2019).

Lebih lanjut, Alfin mengungkapkan, program ini dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas kemampuan masyarakat. Hal itu berguna untuk memberikan layanan yang baik kepada wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman).

“Dengan kegiatan ini, kami harap para peserta mampu memahami pengertian daya tarik dan destinasi wisata. Serta meningkatan kapasitas dan juga ‘awareness’ mengenai kepariwisataan bagi mahasiswa,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kepri, Ardiwinata mengatakan bahwa pengembangan SDM pariwisata memainkan peranan yang sangat penting, guna mewujudkan masyarakat sadar wisata.

“Untuk meningkatkan citra dan mutu produk serta pelayanan wisata, dituntut tenaga-tenaga pengelola juga pelaksana yang profesional, baik di kalangan industri pariwisata dan destinasi wisata serta instansi terkait,” kata dia.

Untuk diketahui, kegiatan ini dihadiri 300 orang perserta, Ketua STT Ibnu Sina Batam Larisang, Ketua Asosiasi Pariwisata Bahari Kepulauan Riau Surya Wijaya, dan Widyaiswara Kemenpar Aryanti Prima Restu.

Penulis: Risman Septian
Editor: Stevanny

Previous articleSenator DKI Ajak Warga Tak Terprovokasi Hasil Pemilu 2019
Next articlePerpanjang Usia Jalan, Basuki Siapkan Program Pembangunan Drainase Nasional

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here