Nekat Tabrak Aturan, Pemkab Asahan Laporkan 132 ASN

Asahan, PONTAS.ID – Dari 7.015 aparatur sipil negara (ASN) yang ada di lingkungan Pemkab Asahan ternyata hanya 6.883 yang hadir mengikuti apel gabungan pada Senin kemarin usai libur panjang Idul Fitri 1440 H.

“Hanya 98,12 persen ASN yang mengikuti apel gabungan yang dipimpin Plt. Bupati Asahan, Surya di halaman Kantor Bupati Asahan pada Senin kemarin,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Asahan, Nazaruddin, Selasa (11/6/2019).

Sisanya sebanyak 132 ASN tidak masuk kerja atau bolos dengan berbagai alasan, seperti sakit, cuti, umroh ke tanah suci, dan bahkan ada juga yang tanpa keterangan.

“Setelah data dihimpun, para ASN yang bolos tersebut langsung dilaporkan ke Kementerian PANRB secara online,” ujar Nazaruddin.

Menurut Nazaruddin, para ASN yang bolos tersebut dinilai tidak menaati Kepres Nomor 13/2019 tentang Penetapan Cuti Bersama Merayakan Idul Fitri, selain itu para ASN tersebut juga dianggap tidak mengindahkan instruksi Plt. Bupati Asahan melalui surat edarannya.

“Bagi para ASN yang bolos tersebut akan diberikan sanksi dikarenakan ketidakpatuhan mereka,” tegas Nazaruddin.

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) mengingatkan ASN agar tidak bolos setelah libur lebaran.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB Mudzakir menegaskan, bagi ASN yang nekat berbuat tidak disiplin dengan tidak masuk kerja ada sanksi yang siap dijatuhkan.

“Sanksi bagi PNS yang tidak disiplin akan dikenakan sesuai PP 53/2010 tentang disiplin PNS,” kata Mudzakir di Jakarta, Minggu (9/6/2019).

Penulis : Bayu Kurnia Jaya
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here