Februari atau Maret, Rambu Elektronik Ganjil-Genap akan Terpasang

Jakarta, PONTAS.ID – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memastikan bahwa rambu statis berbentuk papan yang merupakan rambu pemberitahuan larangan kendaraan dengan sistem plat nomor ganjil-genap, bakal diganti dengan rambu elektronik dalam waktu dekat.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan (Plt Kadishub) DKI, Sigit Wijatmoko mengatakan bahwa pada saat ini proses pengadaan rambu elektronik ganjil-genap tersebut hendak dilelang di Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa DKI Jakarta.

“Kami harapkan di triwulan satu (2019) sudah terpasang, dalam Februari atau Maret,” kata Sigit saat ditemui oleh wartawan di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (30/1/2019).

Sigit menyebut, pemasangan ini sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Nomor 155 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap. Di dalam Pergub tersebut mengamanatkan agar ganjil-genap dievaluasi setiap tiga bulan.

Dalam evaluasi terakhir, ada keluhan soal rambu papan yang kurang jelas. Kendati rambu yang dipasang sudah sesuai standar internasional, banyak masyarakat yang sering melewatkan rambu. Ini terjadi di persimpangan yang ada pengecualian ganjil-genap.

“Khususnya yang simpang terdekat dengan tol ya. Itu sebagai titik awal kami pasang,” ujar Sigit.

Menurut Sigit, ada 27 simpang dengan pengecualian ganjil-genap. Dibutuhkan setidaknya 54 rambu elektronik untuk dipasang di 27 titik itu. Dalam APBD DKI 2019, Dinas Perhubungan menganggarkan 7,3 miliar rupiah untuk pembangunan rambu elektronik di seluruh Jakarta.

Editor: Risman Septian

Previous articlePasca Debat, LSI Denny JA: Jokowi Ungguli Prabowo dari 5 Dimensi
Next articleGelar Konsolidasi Nasional, PKS Ajak Kadernya Menangkan Prabowo-Sandi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here