Serahkan ke BPS, Mentan: Tak Ingin Ada Polemik Perbedaan Data Pangan

Menteri Pertaniam Amran Sulaiman (tengah) didampingi Direktur Utama Perum Bulog Komjen (Purn) Budi Waseso di sela rapat koordinasi serapan gabah petani (sergap) di kantor Perum Bulog,(Ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengaku tak ingin ada polemik dan perdebatan data produksi pangan dan pertanian. Hal itu disampaikannya usai membuka Rapat Kerja Nasional Kementerian Pertanian di Hotel Bidakara, Senin (14/1/2019).

“Data pertanian, kami kerja sama dan minta tanda tangan BPS (Badan Pusat Statistik),” ujar Amran.

Menurut dia, tugas pokok dan fungsi Kementan berkaitan dengan produksi, teknologi, dan penyiapan sarana serta prasarana pertanian.

Lebih lanjut, Amran pun mengklaim Indonesia sebenarnya sudah mencapai swasembada beras pada tahun lalu. Dia mengacu pada data produksi beras terbaru BPS yang dirilis pada September yang menunjukkan RI surplus 2,85 juta ton sepanjang 2018.

“Padi kita surplus kan, data BPS 2,85 juta ton. Jagung, kita sudah ekspor. Gula, satu-satu kita bereskan. Kedelai berikutnya,” kata Amran.

Sebelumnya, Direktur Utama Bulog Budi Waseso (Buwas) menegaskan pentingnya sinkronisasi data pangan antar kementerian/lembaga supaya tidak menimbulkan kegaduhan terkait kebijakan impor seperti yang selama ini terjadi.

“Apa kita perlu impor atau tidak, kalau kita memang perlu impor, berapa sih sebenarnya yang dibutuhkan. Intinya itu,” ujar Buwas, sapaan akrab Budi Waseso, usai rapat di kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (10/1/2019).

Editor: Idul HM

Previous articleMenpar: Cara Tepat Sasar Wisatawan Milenial dengan Teknologi Digital
Next articleBahas Pemilihan Cawagub DKI, PKS-Gerindra Kembali Batal Bertemu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here