Bertekad Menang Lomba LBS, Pemkot Jakut Serius Pantau Kolam Gizi

Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim saat memeriksa Kolam Gizi di lingkungan RW.01 Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (9/1/2019)

Jakarta, PONTAS.ID – Demi meraih hasil maksimal dalam lomba Lingkungan Bersih Sehat (LBS) tingkat nasional, Pemerintah Kota Jakarta Utara terus memantau peserta lomba. Salah satunya Kolam Gizi di RW 10 Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, Kolam Gizi tersebut merupakan pendukung peserta lomba LBS tingkat nasional di lingkungan RW.01 Kelurahan Sunter Jaya. Sedangkan peserta lomba berada pada lokasi RW.01 pada kelurahan tersebut.

“Lokasi ini tengah dalam tahap penilaian hingga nantinya pengumuman pemenang enam besar pada Maret 2019 mendatang. Hari ini kita juga ada peninjauan bersilahturahmi dengan warga. Juga dalam rangka persiapan lomba lingkungan bersih sehat,” kata Ali di RW.10 Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (9/1/2019).

Pada Kolam Gizi itu, warga menebarkan berbagai bibit jenis ikan seperti nila, gurame dan bawal hasil bantuan dari Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara. Umpan ikan pun tidak diberikan pakan berbahan kimia, namun hasil daur ulang bahan alami seperti dedaunan dan kotoran unggas ternak yang dipelihara di lokasi tersebut.

“Jadi tidak pakai seperti umpan pancing dan peled. Pakannya sayur-sayuran, termasuk buat ayam kampung dan bebek yang dipelihara warga. Di sini juga ada tanaman buah seperti kecapi yang sudah jarang ditemukan di Jakarta,” katanya.

Selain sebagai lokasi budidaya hewan dan tanaman, diterangkannya lahan itu pun dijadikan sebagai lokasi interaksi warga. Seluruh pemeliharaan dan pembiayaan pun dilakukan warga. Pengurus RW dan Pemkot hanya mendampingi serta memfasilitasi kebutuhan lokasi itu.

“Lokasi ini sangat bagus. Sangat jarang ditemukan di tengah kota seperti pedesaan. Kita harap bisa menjadi contoh bagi wilayah lain,” tandasnya.

Penulis: Suwarto
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here