Jemput Bola Barang Bukti, Warga Apresiasi Terobosan Kejari Sergai

Penyerahan barang bukti atas perkara yang telah inkracht kepada pemiliknya oleh Kejaksaan Negeri Serdang Bedagai, Senin (19/10/2018)

Sergai,PONTAS.ID – Kejaksaan Negeri (Kejari) Serdang Bedagai (Sergai) membuat terobosan baru terkait barang bukti. Jika selama ini barang bukti yang perkaranya telah inkracht (berkekuatan hukum tetap) tetapi tidak diambil pemiliknya, kini langsung diserahkan Kejari kepada pemilik barang bukti tersebut.

“Selama ini barang bukti tersebut bertahun-tahun tak diambil pemiliknya. Bahkan ada yang menjadi bahan rongsokan di kantor Kejari Sergai. Nah, dengan adanya program ini kita langsung serahkan kepada pemiliknya,” kata Kepala Seksi Barbut dan Barang Rampasan (Kasi. BB dan Barpas) Kejari Sergai, Tulus Yunus Abdi, Senin (29/10/2018) malam.

Hal ini disampaikan Tulus saat menyerahkan barang bukti kasus pencurian berupa baterai mobil kepada warga Desa Kota Galuh kecamatan Perbaungan, Mimi. Kemudian, juga menyerahkan barang bukti kasus pencurian lainnya yakni TV LCD dan Tabung Gas LPG kepada warga Dusun V Desa lidah Tanah kecamatan Perbaungan, atas nama Darlinawati.

Ditambahkan Tulus, ketidak tahuan masyarakat terkait prosedur barang bukti ini masih tinggi serta masyarakat kerap khawatir tidak diijinkan mengambil barang bukti.

“Kita tidak mempersulit masyarakat dan tidak meminta biaya apapun. Silahkan ambil di kantor Kejari, jika itu mobil atau sepeda motor cukup bawa BPKB/STNK dan KTP yang menjadi korban dan siap kita serahkan secepatnya,” kata Tulus.

Para keluarga dan Perangkat Desa yang ikut mendampingi Jaksa saat penyerahan barang bukti tersebut mengapresiasi terobosan Kejari Sergai ini.

Penulis: Andy Ebiet
Editor: Hendrik JS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here