DPRD Kritik Perombakan Pejabat DKI oleh Anies Kemarin

Jakarta, PONTAS.ID – Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi mengkritisi keputusan Gubernur DKI, Anies Baswedan yang melakukan perombakan terhadap 16 pejabat satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di wilayah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI kemarin.

Prasetio mengakui bahwa hal tersebut sejatinya adalah hak seorang kepala daerah. Hanya saja, dia khawatir jika jabatan yang telah ditinggalkan kosong dan justru dipegang oleh pelaksana tugas (Plt) akan mengganggu kinerja dinas terkait.

“Itu haknya gubernur, tapi saya sarankan ke Pak Gubernur, jangan di-Plt-kan. Menggangu dari eksekusi masalah anggaran,” kata Prasetio saat ditemui oleh wartawan di Jakarta Pusat, Rabu (26/9/2018).

Menurut politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu, para Plt sering kali merasa tidak yakin untuk mengambil kebijakan. Karena mereka merasa bukanlah pejabat definitif. Akibatnya, penyerapan anggaran yang didapat akan rendah dibanding targetnya.

“Dia (Plt) enggak berani pasti, akhirnya penyerapannya kecil, nanti eksekusi gagal lelang makin besar lagi, jadi makin terlihat ini,” tuturnya.

Beberapa jabatan yang saat ini dipegang oleh Plt diantarnya yakni Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Kehutanan, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, serta Kepala Dinas Kesehatan.

Sebelumnya pada hari Selasa (25/9/2018) kemarin, Gubernur Anies memang melakukan perombakan di lingkungan Pemprov DKI, dengan melantik 16 pejabat baru yang terdiri dari 11 pejabat eselon II dan 5 pejabat eselon III.

Dalam sambutannya, Anies mengatakan proses pelantikan pejabat tersebut merupakan bagian rotasi promosi, dan merupakan dinamika yang biasa terjadi dalam sebuah organisasi.

“Pergantian, promosi, rotasi adalah bagian dari dinamika normal suatu organisasi. Sebagai organisasi yang terus-menerus meningkatkan kecepatan, kinerja, pelayanan, maka memastikan selalu ada penyegaran,” kata Anies, saat melantik belasan pejabat itu di Balaikota DKI, Jakarta, Selasa (25/9/2018).

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here