Pemprov DKI Alokasikan 120 Miliar untuk Sertifikasi Tanah

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

Jakarta, PONTAS.ID – Pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal mengalokasikan anggaran sebesar 120 miliar rupiah, untuk sertifikasi sejumlah bidang tanah di Kota Jakarta yang masih banyak belum bersertifikat.

Gubernur DKI, Anies Baswedan mengakui bahwa memang masih banyak tanah di Jakarta yang belum bersertifikat. Karena itu pihaknya bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) melakukan pematokan untuk memastikan batas tanah antara milik pemerintah dan warga.

“Kita alokasikan Rp 120 miliar untuk program sertifikasi. Tapi ini hanya bisa berjalan jika data-data tentang tanah yang ada di DKI itu sudah lengkap,” kata Anies saat ditemui oleh wartawan di Jakarta Timur (Jaktim), Selasa (4/9/2018).

Dia lantas mengharapkan agar kedepannya semua lahan di Jakarta bisa memiliki sertifikat, sehingga jelas kepemilikannya. Selain itu juga, warga Jakarta pun diminta untuk lebih tertib administrasi, khususnya di bidang pertanahan.

“Ini momen sebenarnya punya implikasi yang cukup besar, karena permasalahan tanah itu kan yang paling mendasar bagi kehidupan kita, apalagi di wilayah perkotaan. Saya meyakini kalau gerakan ini pasti akan mempunyai implikasi yang panjang sekali,” ujarnya.

Maka, pihaknya dari Badan Pertanahan Nasional DKI Jakarta segera melakukan pengukuran terhadap aset Pemerintah di Jakarta. Sehingga, dapat menyusun petanya dan mendaftarkan hak-hak tanah.

“Sementara untuk aset milik warga, pemasangan tanda batas ini juga mendukung upaya sertifikasi lahan warga, apalagi di Jakarta ini harga tanah begitu mahal,” terangnya.

Anies mengatakan warga yang mempunyai tanah di Jakarta dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk dapat menata dan memberikan kepastian atas aset yang dimiliki yaitu dengan adanya sertifikat.

Editor: Risman Septian

Previous articleASN Terbukti Korupsi Diharapkan Segera Dipecat
Next articlePKS Tegaskan Coret Bakal Caleg Eks Koruptor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here