KPU RI: Angka 0 di Nomor Urut Capres Tak Bermasalah

Jakarta, PONTAS.ID – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman mengungkapkan bahwa tidak ada yang perlu dipermasalahkan dengan penambahan angka 0 di depan nomor urut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) 2019.

Pasalnya menurut dia, tidak ada aturan yang dilanggar terkait penggunaan angka 0 tersebut. Lagipula, tambah Arief, para pasangan capres-cawapres yang nanti akan bertarung di Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 mendatang, sudah saling menyepakatinya.

“Jadi di depannya ditambah angka nol. Nomor urut 1 ditulis 01, begitu juga nomor urut 2 ditulis 02. Tidak (menyalahi aturan) ya karena tadi telah disepakati oleh pasangan calon ini nanti yang akan digunakan. Sepanjang semua menyepakati, silakan saja, tidak ada aturan yang dilanggar,” kata Arief di Kantor KPU,┬áJakarta Pusat, Jumat (21/9/2018).

Dia menuturkan, kesepakatan yang didapatkan dari kedua pasangan capres-cawapres, yakni Joko Widodo – Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf) dan Prabowo Subianto – Sandiaga Salahuddin Uno (Prabowo-Sandi), berdasarkan pertimbangan agar tidak berkaitan dengan partai politik dengan nomor urut tersebut di Pemilu 2019.

Setelah pengundian nomor urut itu, selanjutnya, masing-masing pasangan capres-cawapres akan melakukan kampanye perdana pada Minggu (23/9/2018) dengan berkarnaval di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta.

Pada masa kampanye itu, Arief mengingatkan agar proses kampanye berjalan damai tanpa saling menjatuhkan apalagi menebar kebencian.

Editor: Risman Septian

Previous articlePrabowo-Sandi Serukan Pemilu Damai Demi Membangun Ekonomi Bangsa
Next articleMohammad Taufik Bersyukur Prabowo-Sandi Dapat Nomor Urut 02

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here