Bambu ‘Getah Getih’ Semarakkan Asian Games dan Kemerdekaan RI Ke-73

Jakarta, PONTAS.ID – Dalam rangka menyambut Asian Games 2018 dan memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-73, pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meresmikan instalasi bambu ‘Getah Getih’ di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Dalam peresmian yang dilaksanakan pada Hari Kamis (16/8/2018) kemarin, Gubernur DKI, Anies Baswedan menjelaskan bahwa karya seni yang disebutnya tak ternilai harganya dan unik meski terbuat dari material yang kerap dipandang sebelah mata itu, merupakan karya Joko Avianto.

Ide mendirikan instalasi tersebut bermula saat Anies bertemu dengan Joko ketika Frankfurt Book Fair pada Oktober 2015. Saat itu, salah satu instalasi bambu karya Joko mendapatkan apresiasi masyarakat disana, dan dipasang selama satu tahun penuh di Frankfurt, Jerman.

“Sore hari ini kita menjadi saksi peresmian instalasi yang sudah dibangun oleh mas Joko Avianto. Pengerjaannya relatif cepat dan menjadi karya luar biasa,” ujarnya, Kamis (16/8).

“Saya sampaikan tantangan kepada beliau. Mas Joko, ini akan ada puluhan ribu orang datang ke Jakarta, mata menuju ke Jakarta, buatlah kami bangga dengan bambu Indonesia. Dan ini relatif cepat pengerjaannya dan menjadi karya yang luar biasa,” kata Anies dilokasi.

Biaya pembuatan serta pemasangan instalasi seni bambu ‘Getah Getih’ tersebut, menurut Anies menelan biaya hingga Rp550 juta. “Biaya sekitar Rp 550-an (juta) kemudian dikonsorsium oleh 10 BUMD kalau enggak salah,” ujarnya.

menyampaikan jika instalasi seni bambu tersebut hanya akan bertahan selama 6 hingga 12 bulan saja.┬áHal ini karena materialnya dari bambu. Di sisi lain, material ini mudah didaur ulang. “Ya keunggulan bambu ini biodegradable, sehingga otomatis didaur ulang alam,” ucap dia.

Dengan adanya instalasi bambu ini, Anies berharap, warga DKI dapat mengambil pelajaran dari pemasangan instalasi bambu ini. “Bambu ini dianggap material yang tidak bernilai, namun di tangan orang kreatif jadi karya yang tidak ternilai harganya,” tuturnya.

Sementara, Joko Avianto menuturkan karya seni yang diberikan nama ‘Getah Getih’ tersebut memiliki arti tersendiri, Getah bermakna putih dan Getih adalah merah. Penamaan tersebut terinsirasi dari warna bendera bangsa Indonesia.

“Semoga karya ini memberikan inspirasi bagi kita semua dalam menghadapi 17 Agustus dan menghadapi Asian Games. Semoga bisa memberikan semangat kepada atlet Indonesia,” tandas Joko.

Editor: Risman Septian

Previous articleSyafruddin Diharapkan Mampu Cegah PNS Korupsi
Next articleMasyarakat Diminta Jangan Bully Ma’ruf Amin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here