PKL Dinilai Bisa Jadi Masalah Besar saat Asian Games 2018

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi.

Jakarta, PONTAS.ID – Gelaran Asian Games 2018 tinggal 38 hari lagi, namun Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dinilai belum melakukan upaya serius dalam merapihkan sejumlah kawasan yang kemungkinan akan dipadati oleh warga negara asing.

Penilaian tersebut datang dari Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi. Dimana salah satu hal yang paling disoroti olehnya adalah keberadaan pedagang kaki lima (PKL), yang dianggap dapat menjadi masalah besar jika tidak ditertibkan dengan tegas.

“Kalau PKL masih menumpuk, nanti jadi force majeure di mana-mana, nanti jadi tidak bagus juga. Saya pikir nanti bakal banyak masyarakat. Venue-venue harus dibuat steril dari PKL, terutama di trotoar,” kata Prasetyo di Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini pun menambahkan, bahwa Indonesia sebagai tuan rumah, khususnya Kota Jakarta seharusnya dapat menunjukkan kemampuan menggelar event olahraga internasional seperti Asian Games yang berkualitas.

“Indonesia sebagai tuan rumah, ya pesta besar ini harus ditunjukkan kepada dunia bahwa Jakarta dan Indonesia tidak ada apa-apa. Tentunya harus ditunjukkan kepada dunia bahwa Jakarta dan Indonesia melakukan pembenahan dan penataan secara matang,” ujarnya.

Tak hanya soal penertiban PKL di venue-venue Asian Games, Prasetyo pun juga mengkritisi upaya Pemprov DKI yang belum mampu meningkatkan demam serta euforia Asian Games 2018, seperti yang diinginkan oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Dia mengaku merasakan perbedaan suasana persiapan antara di Palembang dan Jakarta jelang digelarnya Asian Games 2018. Salah satu yang nampak berbeda adalah Jakarta sangat minim pemasangan spanduk ataupun papan billboard bahwa akan ada Asian Games 2018.

“Saya sering kunjungan kerja ke Palembang, saat turun dari pesawat sudah terasa akan ada Asian Games. Tapi di Jakarta, kok belum ada promosi begitu. Dari segitu banyaknya billboard, hanya berapa billboard yang baru terpasang Asian Games,” tutur dia.

Untuk diketahui, perhelatan event olaharaga internasional Asian Games akan digelar pada 18 Agustus – 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Di Jakarta, venue pertandingan meliputi kawasan Gelora Bung Karno, Equestrian Pulomas, dan Velodrome Rawamangun.

Ribuan atlet yang berasal dari berbagai negara yang akan bertanding di event Asian Games 2018, bakal menginap di Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat. Sebanyak sebelas ribu atlet dari 45 kontingen akan bertanding di empat puluh cabang olahraga.

Editor: Risman Septian

Previous articleMendagri Tak Larang Kepala Daerah Dukung Capres Selain Jokowi
Next articleAnies Baswedan Dipertimbangkan Serius Jadi Cawapres Prabowo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here