Polisi Tetapkan Satu Tersangka Kasus Tumpahan Minyak Pipa Pertamina

Foto udara Teluk Balikpapan usai dibersihkan dari ceceran minyak /Foto: Pertamina

Jakarta, PONTAS.ID – Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Polda Kaltim) telah menetapkan satu orang tersangka dalam kasus tumpahan minyak di Perairan Teluk Balikpapan. Dari hasil keterangan saksi-saksi, nakhoda kapal MV Ever Judger, ZD (50), warga Tiongkok ditetapkan sebagai tersangka.

“Tersangka warga Tiongkok berinisial ZD, nakhoda MV Ever Judger. Saat ini statusnya langsung kami cekal,” kata Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Ade Yaya Suryana, saat dihubungi PONTAS.id, Senin (7/5/2018).

Ade mengatakan, penetapan tersangka tidak berhenti hanya pada ZD. Polisi kata Ade, saat ini terus mendalami kasus yang diduga akibat jangkar sebelah kiri MV Ever Judger menyentuh dan menarik pipa milik Pertamina sejauh 120 meter dari posisi awal, “Tersangka bisa saja bertambah, tergantung penyelidikan dan penyidikan yang saat ini terus dilakukan,” kata Ade

Polisi kata Ade telah memeriksa sejumlah barang bukti diantaranya Kapal MV Ever Judger, dokumen kapal, elektronik navigation chart, log book serta potongan pipa bawah laut milik Pertamina yang terputus sepanjang 49 meter.

“Dari gelar perkara, Tim labfor memeriksa materil yang menempel di pipa, dicocokkan dengan material yang ada di jangkar sebelah kiri kapal MV Ever Judger,” terangnya.

Dengan demikian, lanjut Ade, terdapat kesesuaian dan jadi petunjuk serta alat bukti yang cukup untuk menetapkan ZD sebagai tersangka.

Untuk kasus ini, tersangka ZD dikenakan pasal 98 ayat 1,2 dan 3 junto pasal 99 ayat 1,2 dan 3 undang-undang no 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Penulis: Pahala Simanjuntak
Editor: Hendrik JS

Previous article2018 Kunjungan Wisman Menyentuh Level Dua Digit
Next articleTrump dan Kim Jong-un Dikabarkan akan Bertemu di Singapura

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here