UKM dan IKM Banyumas Konsen Terhadap Persaingan Usaha

Pelaku UKM

Jakarta, PONTAS.ID – Seratusan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Banyumas mengikuti sosialisasi persaingan usaha. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Anggota DPR-RI Komisi VI Siti Mukaromah, Komisioner KPPU Saidah Sakwan, dan Direktur Pengawasan Kemitraan KPPU Dedy Sani Ardi. Dalam presentasinya, KPPU memberikan fokus kepada tugas utama sebagai pengawas kemitraan.

“Salah satu tujuan pengawasan kemitraan adalah mengembangkan kerjasama untuk meningkatkan posisi tawar usaha mikro kecil dan menengar. Mencegah perilaku eksploitasi atau penyalahgunaan posisi tawar sehingga kemampuan UMKM dalam bersaing menjadi menurun,” kata Saidah selaku Komisioner KPPU, Jakarta, Senin, (19/3/18).

Pola perilaku yang diawasi, lanjut Saidah, adalah pola kemitraan yang dilarang. Sesuai pasal 35 ayat 1, usaha besar dilarang memiliki dan atau menguasai UMKM. Lalu di ayat 2, jelas juga diatur usaha menengah dilarang memiliki dan atau menguasai usaha mikro kecil.

Sementara itu, Anggota DPR-RI Komisi VI, Siti Mukaromah yang hadir dalam acara juga meminta kedatangan KPPU bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku UKM dan IKM. KPPU merupakan lembaga yang dimiliki hampir semua negara di dunia untuk memastikan persaingan usaha berjalan dengan sehat.

“Masalahnya, hal mendasar tentang keberadaan lembaga ini kadang tidak dipahami oleh pelaku usaha. Padahal pengetahuan persaingan usaha secara sehat, harus menjadi pemahaman mendasar para pelakunya,” ujar anggota DPR RI yang disapa Erma ini.

Erma menyebut, program pendampingan kepada UKM dan IKM di Banyumas sudah banyak dilakukan. Perkembangan pendampingan, tergantung kepada daya saing para pelakunya. Diharapkan, melalui forum tersebut, pelaku usaha dapat mengembangkan kemampuan dan daya saing usahanya.

Previous articleBMI Gelar Foodpreneur Wujud Kepedulian Generasi Milenial
Next articleBeberapa Faktor Penyebab Akhir dari Pernikahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here