Ini Lokasi yang Disiapkan DKI untuk Saksikan Gerhana Bulan Total

Jakarta, PONTAS.ID – Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya DKI Jakarta Tinia Budiarti mengatakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginstruksikan pihaknya menyiapkan beberapa lokasi untuk menyaksikan fenomena gerhana bulan total yang berlangsung beberapa hari lagi.

“Iya benar, kami telah menyiapkan lokasi untuk menyaksikan fenomena gerhana bulan total pada 31 Januari 2018 pukul 17.00 sampai 23.00 di beberapa lokasi yang dibuka untuk umum,” ujar Tinia saat dihubungi, Rabu (24/1/2018).

Surat Edaran Gubernur DKI Soal Gerahan Bulan Total (ist)

Ia menyebutkan beberapa lokasi tersebut sebagai berikut:

1. Planetarium Taman Ismail Marzuki

2. Tugu Monas

3. Perkampungan Budaya Betawi (Setu Babakan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan)

4. Taman Fatahillah

5. Kepulauan Seribu

6. Taman Mini Indonesia Indah

Meski demikian, Tinia belum dapat memastikan apakah nantinya akan ada biaya untuk memasuki lokasi-lokasi tersebut atau justru digratiskan.

“(Soal biaya) saya akan minta arahan Pak Gubernur dulu,” kata dia.

Fenomena gerhana bulan total sebentar lagi bisa Anda saksikan di seluruh wilayah di Indonesia. Jadi, jangan sampai melewatkan momen langka ini.

Peneliti Pusat Sains Antariksa Lapan Drs Gunawan Admiranto mengatakan, masyarakat di Indonesia dapat menyaksikan momen gerhana bulan total pada 31 Januari 2018.

“Jadi, gerhana bulan total bisa disaksikan 31 Januari nanti. Dimulai sekitar pukul 18.48 bisa melihat gerhana parsial dan pukul 19.51 hingga 21.07 adalah puncaknya (gerhana bulan total),” ujar Gunawan saat dihubungi, Selasa (23/1/2018).

Adapun durasi total untuk bisa melihat gerhana bulan total di akhir Januari 2018 selama lebih kurang 1 jam 16 menit. Secara detail waktunya, pada pukul 18.48 Anda bisa melihat proses gerhana bulan sebagian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here