Disdik DKI: Skema Lelang Renovasi Sekolah Belum Jelas

Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Bowo Irianto

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Bowo Irianto belum dapat memastikan skema proses pelaksanaan lelang kegiatan renovasi berat sekolah di DKI Jakarta. Sebagaimana diketahui, pada tahun 2017 lalu skema proses pelelangan dilakukan dengan lelang konsolidasi (terpusat di Dinas Pendidikan).

“Sampai dengan saat ini belum ada kejelasan apakah dengan lelang konsolidasi atau diserahkan pada masing-masing Suku Dinas (Sudin),” kata Bowo singkat ketika dihubungi PONTAS.id, Rabu (17/1/2018).

Sebelumnya dalam rapat evaluasi antara Dinas Pendidikan DKI dengan Komisi E, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, pada Selasa (16/1/2018) lalu, Bowo mengatakan untuk mengantisipasi tertundanya renovasi sekolah maka proses lelang terhadap kegiatan renovasi sekolah diserahkan pada masing-masing suku dinas.

“Kita berharap dengan skema ini, kualitas renovasi terjamin. Karena untuk perencanaan lelang tetap ada di dinas,” jelas Bowo

Meski demikian, kata Bowo, kewenangan perencanaan renovasi gedung sekolah tetap ada di dinas. Termasuk mengenai spesifikasi hingga harga satuan barang yang dibutuhkan. “Kenapa kita dorong seperti itu, karena renovasi berat ini tidak mudah,” tandasnya

Pernyataan Bowo ini menanggapi kekhawatiran Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta, Syahrial, “Kami mewanti-wanti dan berpesan agar pelaksanaan program renovasi sekolah di 2018 dilaksanakan dengan benar,” kata Syahrial, dalam rapat tersebut.
Sebab, sedikitnya ada 219 sekolah yang ditargetkan akan direnovasi tahun ini dengan rincian 119 renovasi berat dan 11 renovasi total.

Syahrial mengakui, pelaksanaan program renovasi sekolah di 2017 sudah cukup baik. Hanya saja tetap diperlukan proses perencanaan yang matang untuk mencegah terulangnya kembali kegagalan. “Kita khawatir di 2018 kalau tidak dipersiapkan dengan baik akan terjadi lagi,” ucapnya.

Editor: Hendrik JS

Previous articleOperasi Pasar Mencapai 2000 Titik
Next articlePresiden Pastikan Tak Geser Posisi Airlangga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here