“Metode Gasing”, Bupati Optismistis Tapsel Bakal Maju Pesat

Bupati Tapsel, Dolly Pasaribu bersama Menko Marinves, Luhut Binsar Pandjaitan usai rapat terbatas bersama Kemenko Marves dan Kemendagri dengan para kepala daerah terkait pendidikan Matematika metode Gasing di Kantor Kemendagri, Jakarta, pada Kamis (2/2/2023) lalu //Foto: Pemkab Tapsel

Tapanuli Selatan, PONTAS.ID – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mempercayakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) menjadi pelopor pendidikan Matematika.

Kali ini, bersama empat daerah lain, Tapsel menjadi percontohan pelatihan Matematika dengan metode Gasing (gampang, asyik dan menyenangkan) bagi pelajar SD dan SMP.

Penunjukan ini dilakukan dalam rapat terbatas Menko Marves dan Kementerian Dalam Negeri dengan para kepala daerah yang diundang untuk rapat di Kantor Kemendagri, Jakarta, pada Kamis (2/2/2023) lalu.

“Pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang ditakuti sehingga banyak yang tidak berminat. Penyebabnya, cara belajar matematika yang masih konvensional,” kata Bupati Tapsel, Dolly Pasaribu dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/2/2023).

Dolly juga menerangkan dalam menjalin kerja sama dengan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya yang diasuh Yohanes Surya.

“Untuk mencapai ini dari setiap kabupaten, lima guru Gasing terbaik akan dikirim ke kabupaten-kabupaten lainnya untuk melakukan Training of Trainer (ToT) ke guru lainnya,” tambah Dolly.

Dolly berharap metode gasing bisa diikuti oleh guru mata pelajaran lain, karena dalam berbagai kesempatan metode ini dilakukan untuk memadukan permainan sambil belajar, aktivitas gerak dan suasana yang dinamis.

Tapsel kata dia, sudah mengirimkan tiga guru ke luar daerah untuk mengajar, di Simalungun dan Sumedang. “Kita berharap tahun ini akan lebih banyak guru yang menggunakan metode ini, tidak hanya dalam bidang matematika juga yang lain,” kata Dolly.

Rapat terbatas itu, dipimpin langsung oleh Menko Marinves Luhut Binsar Panjaitan didampingi Mendagri, Tito Karnavian dan Pemrakarsa metode Gasing, Yohanes Surya.

Turut hadir, Bupati Dairi, Bupati Humbang Hasundutan, Bupati Tapanuli Selatan, Bupati Gunung Mas, Bupati Ngagekeo, Bupati Manokwari Selatan, Bupati Nabire, Pj Walikota Banda Aceh, Sekda Bitung dan Sekda Garut.

Penulis: M. Suryadi
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articlePalsukan Surat Tanah PTPN 2, Polisi Seret Kades Bingkat
Next articleTabrak Aturan, KKP Stop Paksa Reklamasi 2 Perusahaan di Kepri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here