Rakor Pilkada Serentak, Bobby dan Wiwik kian Akrab

Bakal Cagub Sumatera Utara, Bobby Nasution  yang juga Wali Kota Medan (kiri), terlihat akrab dengan Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya saat gelaran Rakor Pilkada Serentak 2024, di Medan, Selasa (9/7/2024) //Foto: Humas Pemkab Sergai

Sergai, PONTAS.ID – Bakal Calon Gubernur Sumatera Utara, Bobby Nasution, yang juga Wali Kota Medan saat ini terlihat akrab dengan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya, yang akrab disapa Wiwik.

Keduanya kerap bersamaan dari awal hingga berakhirnya Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Wilayah Sumatera yang digelar di Medan, Selasa (9/7/2024).

Kedua kepala daerah, belakangan ini kerap jadi perbincangan menyusul munculnya wacana memasangkan Bobby Nasution dengan Darma Wijaya.

Terkait acara kali ini, Bupati Darma Wijaya melalui keterangan resminya mengatakan, seluruh Kepala Daerah hadir dalam acara yang bertujuan sosialisasi sekaligus koordinasi antar instansi demi kelancaran dan kondusifnya Pilkada.

“Kegiatan rakor ini diikuti seluruh Kepala Daerah se Sumatera Utara,” kata Darma Wijaya, melalui keterangan tertulisnya kepada wartawan, Rabu (10/7/2024).

Acara dihadiri oleh Menkopolhukam Hadi Tjahjanto, Mendagri Tito Karnavian, Plt Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Pangkogabwilhan I, Kepala BSSN, Asops Kapolri, Gubernur, Bupati/Walikota se-Sumut, “Dan diselenggarakan secara hybrid dan dirangkai dengan talkshow,” kata dia.

Adapun peserta offline sebanyak 760  peserta. Sedangkan peserta online hadir 650 peserta, dengan total peserta sebanyak 1.410 peserta.

“Rakor ini merupakan yang ketiga kalinya, setelah digelar di Jayapura, kedua di Makassar untuk wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku dan ketiga hari ini di Medan,” imbuhnya.

Deputi Bidkor Politik Dalam Negeri, Mayjen TNI Heri Wiranto kata Bupati juga menyampaikan diselenggarakannya rakor ini untuk melihat potensi permasalahan yang menghambat penyelenggaraan Pilkada di wilayah Sumatera. “Kemudian agar ada antisipasi lebih cepat sehingga tahapan Pilkada bisa berjalan lancar,” terang Bupati.

Sedangkan Pj Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Agus Fatoni mengutarakan bahwa giat ini merupakan suatu kebanggan bagi Sumut selaku tuan rumah.

“Menurutnya ini bisa menjadi motivasi sehingga Sumut bisa bersama-sama menyukseskan Pilkada serentak.  Pj. Gubsu sembari menambahkan bahwa jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Sumut untuk Pileg 2024 yakni 10. 853.940 pemilih dan 45.875 TPS,” kata Bupati menjelaskan.

Demikian dengan Menkopolhukam Hadi Tjahjanto kata Darma Wijaya menyampaikan, jika tahun ini adalah rekor Pilkada sepanjang sejarah terkait penyelenggaraan Pemilu terbanyak.

Pilkada serentak akan berlangsung di 545 daerah di 37 provinsi. Sedangkan untuk Provinsi DIY sudah melaksanakan. 508 kabupaten/kota. Sedangkan 4 kabupaten/kota tidak melaksanakan krna dipilih langsung oleh gubernur.

Sinergitas harus dilakukan agar penyelenggaraan Pilkada berlangsung aman dan lancar. Pilkada aman dan damai dijaga dengan menjaga stabilitas politik hukum dan keamanan. “Kita harus jaga bersama-sama. Tanpa stabilitas Polhukam tentu akan banyak mengalami kendala,” ujarnya menirukan ucapan Menko Polhukam..

Penulis: Andy Ebiet

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleDPR Apresiasi Anugerah Jurnalistik IV dan Pameran Foto XIII KWP 2024
Next articleIKN Belum Ditandatangani Keppres, Ini Kata Pimpinan MPR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here