Dongkrak Ekonomi IKM di Sergai, Bupati Salurkan Bantuan Alat Produksi

Bupati Sergai serahkan bantuan alat IKM kepada warga di kecamatanĀ  Teluk Mengkudu, Senin (14/11/2022)

Sergai, PONTAS.ID – Bupati Sergai Darma Wijaya salurkan bantuan berupa alat Industri Kecil Menengah (IKM) berupa mesin produksi sabun cair, mesin konveksi dan lainnya. Bantuan iniĀ  bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) Tahun Anggaran 2022, di Desa Pekan Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu, Senin (14/11/2022).

Hal ini disampaikan Kadis Kominfo Setgai, Akmal melalui saluran whatsApp kepada media, Selasa (15/11/2022). Hal ini dilakukan, kata Akmal pasca pandemi Covid19 yang menyebabkan inflasi sehingga mengganggu perekonomian.

Saat itu Bupati Darma Wijaya mengatakan, ā€œEfek dari Covid-19 lalu, tak dapat dipungkiri memang merugikan banyak pihak, baik pemerintah, terutama masyarakat menengah kebawah. Untuk itu pemerintah berupaya memberikan dukungan bagi pelaku IKM untuk meningkatkan kesejahteraan,ā€ kata Bupati.

Ia menambahkan, hal ini merupakan upaya pemerintah dalam memajukan kesejahteraan rakyatnya dengan memberikan bantuan kepada pelaku IKM.

Begitupun dengan Pemkab Sergai melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) yang telah menyerahkan bantuan peralatan produksi kepada pelaku Usaha Kecil Menengah dengan harapan agar bantuan dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi.

Usai memberikan arahan,Ā  Bupati kemudian meninjau langsung pemanfaatan alat produksi yang diserahkan.

Yusuf (39) salah satu penerima bantuan berupa mixer sabun cair, Bupati meminta agar ia memperagakan cara penggunaan alat produksinya.

Hal yang sama juga diminta Bupati kepada penerima bantuan alat konveksi mesin jahit gulung dan bordir untuk memperagakan cara penggunaan alatĀ  tersebut. Ini dilakukan untuk memastikan alat yang diserahkan dapat bekerja dengan baik.

Bupati Sergai ini memotivasi agar para pelaku usaha lebih giat lagi dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas produksinya agar ditahun berikutnyaĀ  pemerintah bisa membantu pelaku IKM yang lain, sehingga bantuan bisa merata.

Adapun bantuanĀ  alat produksi yang diberikan berupa Mesin Penggiling Kedelai dan Penggerak Kuali, Mesin Pengaduk Sabun, Mesin Jahit Gulung dan Mesin Jahit Tebal, Hand Sealer dan Standing Pouch, Mesin Jahit Obras dan Mesin Jahit Biasa.

Penulis: Andy Ebiet
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleDPR Terima Aspirasi Pegiat Koperasi soal RUU PPSK
Next articlePerlunya Peran Besar Membahas Aturan Perundangan Obat dan Makanan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here