18 Tahun Kabupaten Sergai, Bupati Paparkan Kinerja Jajarannya

Sergai, PONTAS.ID – Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Darma Wijaya pimpin upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Sergai ke-18, yang jatuh setiap tanggal 7 Januari di halaman kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Kamis (6/1/2022).

Dalam pidatonya, Bupati Sergai menjelaskan perkembangan Kabupaten Sergai dari segi fisik maupun non-fisik setelah mekar dari kabupaten induk Deli Serdang sudah banyak dirasakan oleh masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa program utamanya telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang dikenal dengan sebutan Sapda atau Sapta Dambaan.

Terdiri dari Sekolah Mandiri, Terampil, Asri, dan Berkualitas, Masyarakat Sehat dan Religius, Pertanian Mandiri dan Berkelanjutan, Infrastruktur Terintegrasi, Ekonomi Berdaya Saing, Wisata Maju Terus, Serta Birokrasi Dambaan,” ungkap Bupati.

Dalam hal ini, lanjutnya lagi Bupati dan Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan berusaha merealisasikan visi “Sergai Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius” dengan semaksimal mungkin.

“Saat ini fokus dalam proses peningkatan kualitas infrastruktur, mulai dari jalan, jembatan irigasi. sistem pemerintahan, pendidikan kesehatan dan layanan juga menjadi perhatian keduanya dalam perjalanan mewujudkan visi dan misi Kabupaten Sergai,” ujarnya.

Dijelaskan Bupati, HUT Kabupaten Sergai ke-18 ini mengambil tema “Dengan Semangat Hari Jadi Kabupaten Sergai ke-18, Kita Tingkatkan Pembangunan Infrastruktur Terintegrasi Untuk Maju Terus”. Ini sesuai dengan Sapda keempat yang saat ini menjadi prioritas.

Untuk itu, kata Bupati, semua harus terus bergerak melaju,  artinya terus menapaki setiap derap langkah pembangunan yang meyakinkan untuk bisa dinikmati dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Tiada hari tanpa berbuat yang terbaik dalam melayani masyarakat Sergai,” kata Darma Wijaya.

Menurutnya, wilayah administrasi Kabupaten Sergai cukup luas, sehingga menerapkan strategi pembangunan dengan mengacu dan membaginya ke dalam 5 kluster pembangunan.

“Kluster itu terdiri dari pertama yaitu Pegajahan, Sei Rampah dan Sei Bamban, kluster 2 Perbaungan dan Pantai Cermin, kluster 3 Tanjung Beringin, Teluk Mengkudu dan Bandar Khalifah, kluster 4 Dolok Merawan, Tebing Tinggi dan Tebing Syahbandar, kluster 5 Sipispis, Dolok Masihul, Serbajadi, Bintang Bayu, Kotari dan Silinda,” jelas Darma Wijaya.

Maksud mekanisme pembagian kluster ini, Bupati menyebut perlahan namun pasti jalan yang ada di beberapa wilayah Kabupaten Sergai secara bertahap telah diaspal. Dia bersama Wakil Bupati meyakini jika “Jalan mulus, Ekonomi bagus”.

Penulis : Andy Ebiet
Editor : Fajar Virgyawan Cahya

Previous articleLaNyalla Apresiasi Kinerja Kapolda Nana Sudjana Bongkar Berbagai Kasus
Next articleKorupsi Wali Kota Bekasi, KPK Seret 14 Orang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here