Pemilu Serentak 2024, DPR Optimistis Berjalan Lancar

Jakarta, PONTAS.ID – Anggota Komisi II DPR RI Fraksi Demokrat, Anwar Hafid optimis bahwa pemilu serentak tahun 2024 mendatang akan berjalan dengan tertib dan lancar.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri pembahasan Dialektika Demokrasi dengan tema “Pemilu Serentak 2024: Ujian Demokrasi?”, di ruang media center DPR RI, Kamis (7/10/2021).

“Menurut kami, bahwa apa yang telah dibuat oleh KPU itulah yang paling mendekati ideal dalam melaksanakan pemilu ini. Tentunya semua akan berjalan dengan baik jika mengacu pada desain yang telah dirancang oleh KPU,” ujarnya

Di sisi lain, dirinya juga mewanti-wanti agar desain yang sudah dirancang oleh KPU jangan sampai bergeser, tentunya jika itu terjadi maka hal tersebut memperlihatkan tidak adanya konsekuensi terhadap ketetapan konstitusi yang sudah disepakati.

“Kalau ini terjadi, tentu kita ingkar terhadap kesepakatan kita bersama untuk tidak merevisi undang-undang pilkada itu sendiri,” terang Anwar.

Sementara itu, terkait polemik penggelembungan suara pada tahun 2019, dirinya juga ikut menyuarakan agar pemilihan suara selanjutnya petugas KPU harus lebih serius dalam mendata masyarakat.

“Ke depan, saat pendataan ulang, petugasnya harus lebih banyak, seperti sensus yang dilakukan oleh panitia pemungutan suara (PPS),” tegasnya.

Dirinya menyarankan sistem koordinasi harus diperbaiki antara pemerintah dan KPU agar pendataan bisa dilakukan dengan baik.

“Kalau dikoordinasikan dengan baik, saya kira hal seperti Ini tidak akan terjadi, apalagi hal Ini menjadi keluhan setiap tahunnya,” tutup Anwar Hafid.

 

Penulis: Yos Casa Nova F/Fajar Virgyawan Cahya

Editor: Rahmat Mauliady

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here