Perusakan Makam di Solo, SETARA: Waspadai Gerakan Anti Kebinekaan!

Direktur Riset SETARA Institute, Halili

Jakarta, PONTAS.ID – SETARA Institute menyoroti sejumlah anak usia sekolah dasar (SD) merusak sejumlah makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cemoro Kembang Surakarta. Belasan nisan dengan ornamen salib dirusak oleh anak-anak yang berusia antara tiga sampai dua belas tahun itu.

“Potret perusakan makam sebagai simbol yang berbeda, Kristiani dalam konteks kasus dimaksud, oleh sekelompok anak-anak merupakan bukti masuknya narasi-narasi ekstremisme di kalangan usia muda, khususnya anak-anak,” kata Direktur Riset SETARA Institute, Halili Hasan melalui keterangan tertulisnya, Selasa (22/6/2021).

Menurut Halili, masuk kelompok-kelompok konservatif dengan menyasar anak-anak ini, jika dibiarkan akan mengancam kehidupan damai dalam keberagaman dalam jangka panjang.

SETARA Institute lanjutnya, mendesak agar pemerintah daerah memberikan perhatian serius terhadap persoalan penetrasi kelompok-kelompok konservatif ke dalam lembaga pendidikan.

“Mengingat otonomi daerah telah mendesentralisasi urusan pendidikan, khususnya tingkat dasar dan menengah, kepada pemerintah daerah,” kata dia.

Belajar dari kasus ini, ketegasan yang ditunjukkan oleh Walikota dan Forkompimda Solo, dengan menutup lembaga pendidikan yang menyemai narasi-narasi intoleransi di kalangan anak-anak tersebut, patut diapresiasi.

Namun lanjutnya, hal itu tidak cukup karena dibutuhkan langkah yang lebih komprehensif dengan memetakan dan menangani secara presisi diseminasi narasi-narasi intoleransi dan radikalisasi melalui lembaga-lembaga pendidikan, dalam kerangka demokrasi dan negara hukum.

“SETARA Institute juga mendesak pemerintah pusat, khususnya Kemdikbud-Ristek, Kemenag, dan Kemendagri, untuk tidak mengabaikan masuknya gerakan-gerakan anti kebinekaan ke lembaga dan lingkungan pendidikan formal dan informal,” pungkasnya.

Penulis: Pahala Simanjuntak
Editor: Ahmad Rahmansyah

Previous articleDKI Operasikan 5 Tower Rusun Nagrak, Camat: Khusus OTG
Next articleCetak UKM Beorientasi Ekspor, Pemkab Kendal Gelar Pelatihan Tematik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here