Cetak UKM Beorientasi Ekspor, Pemkab Kendal Gelar Pelatihan Tematik

Kendal, PONTAS.ID – Pemerintah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah terus berupaya mendorong pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk dapat melakukan ekspor produk. Sebab, di tengah pandemi saat ini UKM memiliki peranan penting dan strategis dalam menopang perekonomian bangsa.

Hal itu disampaikan Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, pada saat membuka secara virtual acara Pelatihan Tematik Ekspor Coaching Program For New Exporter (CPNE) di Kabupaten Kendal, Selasa (22/06/2021).

“Program pelatihan dan pendampingan khusus bagi pelaku UKM berorientasi ekspor selama satu tahun ini bertujuan menciptakan eksportir bekerja sama dengan Lembaga Pembiyaan Ekspor Indonesia (LPEI),” kata Bupati.

Menurut Bupati Dico, sinergitas Pemerintah Kabupaten Kendal menyelenggarakan pelatihan ini untuk mendukung kegiatan ekspor di Kabupaten Kendal, “Serta memberikan dukungan dalam menjalankan ekspor perdana dan pendampingan kepada calon eksportir agar menjadi lebih bankable,” tambahnya.

Ia juga mengatakan, bahwa UKM memiliki peranan penting dan strategis dan diharapkan dapat menjadi lebih inovatif baik dalam hal peningkatan penggunaan platform digital maupun perluasan pasar ke luar negeri.

Dico menegaskan, setelah pelatihan ini, pihaknya akan terus melakukan pendampingan kepada para peserta pelatihan, dengan membuatkan jaringan komunikasi group untuk mempermudah monitoring keberhasilan UKM.

“Sehingga ekspor nasional di tahun 2021 dapat tumbuh dan meningkat bersamaan dengan kondisi ekonomi Indonesia yang kembali stabil,” tutup Bupati.

Hadir dalam acara ini, Direktur Pelaksana II LPEI, Maqin Norhadi, Sekda Kendal dan para Kepala Perangkat Daerah, pelaku UKM, pelaku Ekspor di Kabupaten Kendal.

Penulis: Prawoto
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articlePerusakan Makam di Solo, SETARA: Waspadai Gerakan Anti Kebinekaan!
Next articleKebut Pembangunan SDM, Menaker Ingatkan Soal Sertifikat Kompetensi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here