Pemkab Asahan Gelar Musrenbang RPJMD

Asahan, PONTAS.ID – Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar Musyawarah Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026 di aula Melati, Kantor Bupati Asahan, Rabu (2/6/2021).

Bupati Asahan, Surya mengatakan Musrenbang tersebut bertujuan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD Kabupaten Asahan.

“Program prioritas dalam pencapaian pembangunan daerah ada 10 antara lain digitalisasi birokrasi, SDM tangguh, ekonomi mandiri, Asahan sehat, Asahan cerdas, infrastruktur kuat, Asahan religius, lingkungan berbasis partisipatif, Asahan go wisata dan Asahan perang Covid-19,” kata Surya.

Sebagai salah satu rujukan penting dalam perencanaan pembangunan daerah 5 tahunan, lanjutnya, perumusan strategi akan mengimplementasikan sasaran pembangunan yang akan dicapai dengan serangkaian arah kebijakan dari pemangku kepentingan.

Karena, menurutnya, pengelolaan pembangunan daerah memerlukan adanya manajemen strategis yang menetapkan tujuan Pemerintah Daerah serta pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai visi dan misi Kepala Daerah melalui pemberdayaan setiap potensi sumber daya yang ada.

“Untuk itu saya minta perhatian kita bersama untuk hal-hal sebagai berikut pertama, Kepala OPD agar memperhatikan kesesuaian visi, misi tujuan dan sasaran dalam RPJMD,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Hasmirizal Lubis meminta prioritas pembangunan daerah disemua tingkatan harus diselaraskan dengan prioritas pembangunan nasional sesuai dengan kewenangan.

“Mari kita integrasikan dalam konteks kewilayahan dengan rencana tata ruang, baik ditingkat nasional, Provinsi maupun Kabupaten/Kota dengan tetap memperhatikan aspek kelestarian lingkungan hidup,” jelas Hasmirizal.

Acara tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Asahan, Wakapolres Asahan, unsur Forkopimda dan lainnya.

Penulis : Bayu Kurnia Jaya
Editor: Ahmad Rahmansyah.

Previous articleKoboi Misterius Beraksi di Kedai Tuak, 1 Warga Tanah Bumbu Tewas
Next articlePenerimaan Prajurit TNI AD di Kendal, Kastaf Kodim: Awas Calo!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here