Antisipasi Covid-19, Anies dan Wagub DKI Jakarta Salat Ied di Rumah

Jakarta, PONTAS.ID – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Wakil Gubernur, Ahmad Riza Patria melakukan Salat Idul Fitri di kediaman masing-masing, Kamis (13/5/2021).

Pelaksanaan Salat Ied di Balai Kota sudah ditiadakan sejak Lebaran tahun lalu. “Tahun ini enggak ada salat di Balai Kota,” kata Anies beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Anies telah menerbitkan aturan untuk salat Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19. Regulasi ini secara umum mengatur agar ibadah tahunan tersebut dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Anies menganjurkan agar pelaksanaan salat Idul Fitri dilakukan di rumah masing-masing. Hal ini dilakukan demi mencegah penyebaran virus corona ke berbagai tempat.

Jika memang ingin melakukan salat ied di masjid atau tempat lain, maka Anies meminta agar dilakukan di lingkungan tempat tinggalnya saja. Lokasi salat tidak boleh berjauhan dari rumah masing-masing.

“Jangan pergi jauh, sekedar untuk melaksanakna salat Id supaya lokasi-lokasi kegiatan salat adalah lokasi yang dikunjungi orang setempat,” kata Anies diSenin (10/5/2021).

Ia memperbolehkan salat ied di wilayah sekitar agar jamaah yang hadir hanya mereka yang tinggal di satu wilayah. “Bila dilakukan di masjid setempat, maka kapasitasnya 50 persen,” pungkasnya.

Penulis: Ahmad Rahmansyah
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleIdul Fitri Bersamaan dengan Peringatan Kenaikan Isa Al Masih, Ini Pesan DPR
Next articlePresiden Jokowi Salat Ied di Istana Bogor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here