Polresta Sidoarjo Gelar Pembinaan Personel Bhabinkamtibmas Sebagai Tracer Covid-19

Acara pelatihan personil Bhabinkamtibmas di Mapolresta Sidoarjo, Rabu (24/02/2021)

Sidoarjo, PONTAS.ID – Sebanyak 349 anggota Bhayangkara Pembina Kamtibmas (Bhabinkamtibmas) Polresta Sidoarjo mendapatkan pelatihan untuk menambah pengetahuan, peningkatan kemampuan dan efektifitas yang berhubungan dengan upaya tracing Covid-19 di Mapolresta Sidoarjo, Rabu (24/02/2021).

“Para anggota bhabinkamtibmas agar lebih terlatih dan meningkatkan kemampuan dalam menangani warga terkonfirmasi Covid-19. Pro aktif mensosialisasikan vaksinasi Covid-19 halal dan aman, dan menerapkan edukasi kepada warga terkait disiplin protokol kesehatan 5M dalam keseharian,” kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji saat membuka pelatihan di Mapolresta Sidoarjo, Rabu (24/02/2021).

Sumardji berharap dengan materi-materi yang akan disampaikan dapat di implementasikan dalam bertugas di tengah masyarakat.

“Dengan langkah ini diharapkan dapat maksimal guna mempercepat upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” Pungkasnya

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dokter Yanto Lipu menyampaikan, agar para bhabinkamtibmas dapat mengetahui mekanisme tracing dalam penanganan Covid-19.

” Pelatihan ini seperti bagaimana mengidentifikasi aktifitas warga yang terinfeksi Covid-19, Menjalin sinergitas bersama instansi-instansi terkait, termasuk dalam menyajikan informasi akurat. Kemudian aktif mengedukasi warga atas segala perkembangan hingga langkah-langkah yang harus dilakukan, juga terkait tahapan isolasi diri,” tukasnya.

Untuk diketahui, Peserta dalam Kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan ketat dan dibagi dalam tiga hari mulai dari 24/02/2021 Sampai 26/02/2021.

Kegiatan ini bertujuan untuk menekan virus Covid-19 sampai tingkat desa dibutuhkan pengetahuan dan perhatian khusus agar tingkat penyebarannya tidak semakin meluas, serta dapat dengan cepat juga tepat tertangani.

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam penanggulangan Covid-19 telah mengoptimalkan peran sinergitas tiga pilar di tingkat desa. Perangkat desa, TNI dan Polri diharapkan lebih maksimal bersama-sama menangani penyebaran virus ini. Salah satunya melalui proses tracing di masyarakat.

 

Penulis : Agus Waluyo / Jumain Agus, S
Editor    : Agus Dwi Cahyono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here