Dorong Ekonomi Nelayan Kecil, DPR Serahkan 7 Perahu

Jakarta, PONTAS.ID – Wabah pandemi Covid-19 telah berimbas secara multisektoral. Tak terkecuali, sektor perikanan yang terpukul akibat penurunan rantai pasok seiring kebijakan pembatasan fisik yang memengaruhi dinamika pasar, baik domestik maupun ekspor.

Untuk mendukung pemulihan sektor tersebut, Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komarudin bersama dengan Bank Indonesia menyalurkan bantuan sarana dan prasarana perikanan tangkap kepada kelompok nelayan dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) produk olahan hasil perikanan di wilayah pesisir Kabupaten Karawang.

Hal ini disampaikannya dalam Kegiatan Penyerahan Bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) Tematik dalam Rangka Pengembangan Kapasitas Ekonomi Usaha Mikro Kecil Menengah (PKE UMKM) di Karawang, Jawa Barat, Minggu (20/12/2020).

“Sebagai negara maritim, peran sektor perikanan sangat vital terhadap perekonomian nasional. Namun, pandemi turut memukul permintaan atas komoditas perikanan, karenanya proses pemulihan sektor ini perlu kita turut upayakan. Salah satunya dengan memberdayakan pelaku UMKM dan kelompok nelayan kecil melalui dukungan dari sisi sarana dan prasarana,” jelas Puteri dalam keterangan resminya yang dikutip PONTAS.id, Rabu (23/12/2020).

Sebagai informasi, dalam kesempatan ini, Puteri bersama BI menyalurkan lemari pendingin (cold storage) dan tujuh perahu yang dilengkapi dengan mesin dan jaring nelayan. Bantuan tersebut disalurkan kepada 70 nelayan yang tergabung dalam tiga kelompok nelayan, yaitu Kelompok Nelayan Mutiara Maryam, Kelompok Nelayan Fajar Indah, dan Kelompok Pedagang Ikan Agung Bahari.

“Dukungan sarana prasarana ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan pendapatan nelayan. Dengan perahu baru dan lebih layak, semoga jumlah tangkapan pun bertambah. Lalu, jika tangkapan tidak terserap optimal di pasar, dapat disimpan di cold storage untuk menjaga kualitas,” ujar politisi Partai Golkar ini.

Dalam agenda tersebut, Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat Herawanto menjelaskan, penyaluran bantuan ini sejalan dengan langkah percepatan pemulihan ekonomi yang didorong oleh BI. Melalui penguatan dan pemberdayaan pelaku UMKM di sektor perikanan, diharapkan kapasitas ekonomi dapat meningkat dan mendorong pemulihan dari sisi produksi.

“Ke depan, kita juga perlu dorong langkah-langkah pengenalan teknologi untuk produksi di sektor pertanian maupun perikanan. Tujuannya, agar dapat memenuhi permintaan pasar lebih baik dan tahan lama sehingga membawa perbaikan kualitas hidup para produsen, termasuk para nelayan di Karawang. Oleh karenanya, bantuan ini menjadi langkah awal atas kontribusi nyata BI untuk mendukung hal tersebut,” ungkap Herawanto.

Menutup rangkaian acara, agenda dilanjutkan dengan kunjungan ke Desa Muara Cipucuk untuk melakukan peninjauan dan meresmikan secara langsung operasionalisasi perahu nelayan yang diberikan. Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Karawang Drs. Hendro Subroto, Camat Kecamatan Pedes Furqon Jalalludin, Kepala Desa Labanjaya Munjid Faisal, Kepala Desa Pusaka Jaya Utara Mamad Sujana, serta Kepala Desa Pusaka Jaya Boy Jumantra.

Penulis: Rahmat Mauliady
Editor: Luki Herdian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here