Terdampak Covid-19, Kecamatan Udanawu Fokus Pemberdayaan Warga

??

Blitar, PONTAS.ID – Plt Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kecamatan Udanawu, Agus Susilo terus menggencarkan kegiatan pemberdayaan di desa-desa. Kegiatan ini mulai dari pemberdayaan lembaga, pemberdayaan masyarakat ekonomi lemah dan pemberdayaan kaum difabel.

“Karena desa punya otonomi yang sangat luas, dan otonomi itu diikuti adanya dana yang cukup dari pemerintah atau negara, dan sumber-sumber dana yang ada di desa itu seperti Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD),” kata Agus, di kantornya, Senin (16/11/2020).

Bentuk pemberdayaan itu sendiri berupa pelatihan kerja, study banding ke daerah lain untuk dikembangkan di setiap desa, khususnya di tengah pandemi Covid-19.

Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa terdampak Covid-19, pihaknya kata Agus memperbanyak pelatihan dan pembinaan usaha. Di antaranya, pelatihan pembuatan meubel, pelatihan membuat perkakas dari besi dan mesin las.

“Di desa Besuki ada pelatihan membuat keset yang langsung dilebel dan ditampung oleh pihak ketiga untuk dipasarkan. Kemudian pemberdayaan lainya ada kelompok tani untuk mengadakan budidaya jenis tanaman tertentu, budidaya ternak tertentu, ada pelatihan membuat pakan ternak secara fermentasi,” bebernya.

Agus berharap, dengan upaya itu, dapat tercipta lapangan kerja baru dan mengurangi pengangguran melalui tumbuhnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di desa.

Kemudian, di kecamatan Udanawu, juga terdapat program PKT ( program padat karya tunai) yang ditujukan bagi warga terdampak Covid-19 untuk terlibat mengerjakan drainase, irigasi.

“Diharapkan program PKT ini bisa mengurangi dampak ekonomi akibat pandemi yang penting tetap mematuhi protokol kesehatan,” harapnya.

Penulis: Sony Irawan
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleMedan Zona Merah, Satgas Covid-19 Imbau Warga Waspada
Next articlePremium Mau Dihapus, PKS Minta Pemerintah Lakukan Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here