Pilah Sampah Serentak Warnai World Cleanup Day di Indonesia

Jakarta, PONtAS.ID – World Cleanup Day (WCD) Indonesia kembali hadir sebagai kegiatan tahunan bersih-bersih dan memilah sampah secara serentak di seluruh Indonesia.

Setelah sukses melibatkan 9.5 juta relawan pada 2019, WCD Indonesia kembali dilaksanakan bersama lebih dari 2 juta relawan di 2020 dengan kampanye yang sama yaitu #Kami13juta.

“Mohon peranan Gubernur, Bupati, Wali Kota untuk mendukung pelaksanaan kegiatan World Cleanup Day dengan mendorong masyarakat dengan melaksanakan aksi bersih-bersih dan dan pilah sampah secara serentak,” tulis Menteri LHK, Siti Nurbaya, dalam radiogramnya, Sabtu (19/9/2020).

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia tak menghentikan terlaksananya kegiatan menata kebersihan ini. Di Indonesia, Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah Limbah dan B3 (PSLB3), Rosa Vivien Ratnawati, menyebut WCD Indonesia 2020 dilakukan khusus di zona covid resiko rendah

“Kegiatan WCD pada tahun ini berfokus pada ‘Pilah Sampah dari Rumah’, sampai tadi siang sudah lebih dari 2 juta relawan yang terdata yang melaporkan kegiatan WCD di daerahnya. Tahun 2022, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah WCD,” kata Vivien.

Sementara itu, leader World Cleanup Day Indonesia 2020, Agustina Iskandar, menyatakan keinginan menjadikan momentum ini sebagai ajang persatuan untuk seluruh pihak yang terlibat.

“Tahun ini, kita mengampanyekan persatuan untuk Indonesia bersih dengan mengajak masyarakat terlibat serentak untuk pilah sampah dari rumah,” kata dia.

Sebagai informasi, Clean World Conference tahun 2021 akan dilaksanakan di Jerman, diselenggarakan tim Jerman dan disupport tim Indonesia. Tahun 2022 CWC akan dilaksanakan dan di host oleh Indonesia dan disupport Jerman.

Kegiatan ini diadakan oleh 180 lebih negara di dunia. Selama dua tahun berturut-turut yaitu 2018 dan 2019 Indonesia menjadi negara yang memimpin aksi cleanup terbesar di dunia, disusul negara kedua yaitu Pakistan.

Penulis: M. Abriyanto
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here