Kasus Covid-19 Melonjak, Pemkot Medan Perbanyak Penggali Kubur

Medan, PONTAS.ID – Sejak 17 Juli sampai 17 Agustus pasien positif Covid-19 di Kota Medan rata-rata bertambah 52 kasus per hari. Sementara, yang meninggal dunia dalam kurun waktu yang sama tercatat sebanyak 88 kasus sehingga diperlukan petugas penggali kubur khusus di setiap kecamatan

“Oleh karenanya,Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 akan menggerakkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Medan,” ungkap Kadis Kesehatan Kota Medan, dalam rapat evaluasi Covid-19 di Medan, Selasa (18/8/2020).

Edwin menambahkan, peningkatan yang relatif tinggi ini perlu menjadi perhatian semua pihak, termasuk masyarakat, “Dengan memakai masker yang baik dan tepat, setidaknya dapat mencegah 80 persen penularan,” kata Edwin.

Dengan pertambahan ini, lanjut Edwin, positif Covid-19 telah mencapai 3.321 kasus dan yang meninggal sebanyak 177 orang.”Mari kita tegakkan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan,” harapnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Kota Medan menerangkan bahwa Pemko Medan akan merevisi Perwal No.27/2020 tentang Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (ADP) dengan mengacu kepada Inpres No.6/2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

“Revisi ini terkait dengan sanksi yang akan dijatuhkan kepada warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Kita akan membuat sanksi yang lebih tegas. Kita tergetkan revisi selesai dalam pekan ini juga,” tegasnya.

Hal penting lain, lanjut Arjuna, mengupayakan agar setiap kecamatan mempunyai petugas penggali kubur khusus merujuk aturan Menteri Kesehatan bahwa jenazah pasien Covid-19 dapat dimakamkan di pemakaman umum.

“Lahan pemakaman khusus pasien jenazah Covid-19 yang meninggal dunia di Simalingkar telah terpakai sebanyak 40 persen dan biaya pemakaman yang telah kita keluarkan sebanyak Rp.1,7 miliar,” tambahnya.

Turut hadir dalam rapat ini, Kasatpol PP Kota Medan, M Sofyan, Kadis Pariwisata Agus Suriyono, Kadis Tenaga Kerja Hanalore Simanjuntak, Kadis Perdagangan Damikrot Harahap, Kabag Tata Pemerintahan Ridho Nasution, Kabag Humas Arrahman Pane.

Penulis: Ayub Badrin
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleDi Afrika, Satgas TNI Beri Kado HUT RI dengan Damaikan Pihak Bertikai
Next articleStimulus Tarif Listrik Ringankan Beban Industri Akibat Pandemi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here