800 Tenaga Kesehatan Pertamedika Siap Tangani Pasien Covid-19

Jakarta, PONTAS.ID –  Pertamina melalui PT Pertamedika IHC menyiapkan 800 tenaga kesehatan untuk menangani pasien COVID-19 di rumah sakit rujukan dan rumah sakit darurat yang disiapkan di Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ) serta di arena Hotel Patra Comfort, Jakarta.

Menurut Direktur Utama PT Pertamedika IHC, Dr. dr. Fathema Djan Rachmat, Sp.B, Sp. BTKV (K), MPH,  700 di antaranya merupakan tenaga medis yang baru direkrut Pertamedika, terdiri dari dokter umum, dokter spesialis, perawat biasa, dan perawat ICU.

“Karena RSPJ akan menangani pasien COVID-19 dengan kategori sedang–berat dan berat–kritis, satu pasien akan ditangani satu perawat ICU, sedangkan satu perawat biasa akan menangani 10–12 pasien serta satu dokter akan menangani 25 pasien,” jelasnya, dalam keterangannya, Rabu (8/4/2020).

Selain itu, sebagai perusahaan induk Rumah Sakit BUMN di Indonesia, Pertamedika IHC juga mengerahkan sekitar 3.000 tenaga kesehatan untuk menangani pasien COVID-19 di 65 RS BUMN.

“Jumlah tersebut setengah dari jumlah tenaga kesehatan di seluruh RS BUMN,” tambah Fathema.

Command Center yang disediakan RSPJ juga dimanfaatkan untuk mengintegrasikan komunikasi dengan 65 rumah sakit BUMN di seluruh Indonesia sehingga ketersediaan alat dan kamar di masing-masing rumah sakit dapat diketahui.

“Inilah cara kami memastikan layanan prima untuk pasien Covid-19,” jelasnya.

Penulis: Riana

Editor: Stevanny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here