BUMN Sebut Modal Bank Banyak Terkuras pada 2021

Kartika Wirjoatmodjo
Kartika Wirjoatmodjo

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan rasio permodalan perbankan (Capital Adequancy Ratio) akan terkuras pada 2021. Kondisi tersebut membuat bank membutuhkan suntikan modal besar agar tetap bisa bertahan.

Terlebih, jika Peraturan OJK nomor 11 tahun 2020 yang mengatur tentang kebijakan stimulus perbankan tak lagi diberlakukan.

“Tentunya harus ada kesiapan capital injection karena kalau kami lihat, kebutuhan CAR apalagi kalau kami menerapkan conservation buffer dan kami menggunakan tiruan kapital, mungkin akan cukup banyak bank yang harus ada injeksi kapital untuk memenuhi target tiruan kapital dalam konteks Standar Basel,” ucapnya, Kamis (6/8/2020).

Untungya, ujar Kartika, di tengah kondisi itu perbankan nasional masih cukup menarik bagi investor karena bergerak pada segmen yang menguntungkan dan diprediksi mampu bertumbuh cepat pasca Covid-19.

Namun, ia juga mengingatkan adanya potensi masuknya investor asing ke perbankan nasional jika pemegang saham bank tak punya kemampuan untuk memberikan suntikan modal besar.

“Ini jadi early warning sign bahwa para pemegang saham yang swasta nasional untuk bertahan dan bersaing serta kemampuan permodalan ke depan akan jadi tantangan besar,” katanya.

Di samping itu, ia juga mengingatkan soal pentingnya ketegasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menjaga sistem perbankan agar lebih sehat. Salah satu ketegasan ia minta dilakukan OJK dengan memastikan pemegang saham perbankan memiliki permodalan yang kuat dan stabil di masa depan.

“Kalau keadaan memburuk terus, ada kemungkinan investor yang masuk atau investor yang punya kemampuan modal besar seperti investor internasional dan OJK dan para pelaku harus menjaga supaya sistemnya sehat,” tandasnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articlePemerintah Bakal Beri Bantuan pada Karyawan dengan Upah di Bawah Rp 5 Juta
Next articleTekan Kasus Covid-19, Gugas Sergai Karantina Rumah Sakit SS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here