Miris! Bidan Desa di Musirawas Tak Siaga 24 Jam di Poskesdes

Musirawas, PONTAS.ID – Warga kecamatan Bulan Tengah Suku Ulu mengeluhkan layanan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) di desa Desa Kembang Tanjung. Pasalnya, Poskesdes tersebut selain tidak terawat, bidan desa yang ditugaskan tidak pernah menginap lagi di Poskesdes itu.

“Bidan desanyapun jarang menginap, belum tentu satu bulan sekali menginap. Hanya sewaktu waktu ada muncul tapi pulang hari,” kata salah seorang warga bernama Deki kepada PONTAS.id beberpa waktu lalu.

Dia pun berharap, dinas kesehatan kabupaten Musirawas dapat menyelesaikan permasalan Bidan Desa tersebut beserta fasilitas yang kurang, “Biar Bidan Desa kami mau dan betah tinggal di Desa kami. Karena kami butuh kesehatan untuk keluarga kami dan masyarakat Desa kembang tanjung ini,” pungkasnya.

Sementara itu dari anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Kembang Tanjung, Kusnita pun membenarkan adanya permasalahan Bidan Desa yang tidak tinggal di lokasi tempatnya mengabdi.

“Padahal Poskesdes merupakan fasilitas umum yang penting untuk pertolongan pertama masyarakat apa bila ada yang sakit. Seandainya fasilitas listrik disiapkan mungkin Bidan Desa nya mau tinggal di sini. Toh jaringan listrik sudah ada,” katanya, Selasa (24/3/2020).

Dari pemantauan PONTAS.id, pada Senin (23/3/2020) lokasi poskesdes tersebut terlihat kotor oleh kotoran hewan. Kondisi ini diperparah dengan plafon yang rusak.

Penulis: Ari Supriyanto
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here